Mataram (Inside Lombok) – Provinsi NTB secara rutin telah menjadi tuan rumah berbagai event otomotif, baik tingkat nasional maupun internasional. Tahun ini pun menjadi kali kedua NTB menyelenggarakan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika.
Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi mengatakan event-event nasional hingga internasional yang akan digelar di NTB tidak akan berjalan dengan maksimal jika pemasaran yang dilakukan juga masih kurang. Dengan demikian, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam hal pemasaran, Dinas Pariwisata memberikan pelatihan kepada SDM yang ada di 10 kabupaten/kota. Pelatihan yang diberikan fokus kepada ASN yang ada di masing-masing OPD terkait.
“Guna mendorong kualitas SDM di sektor pariwisata, kami dari Dinas pariwisata NTB dan dibantu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI melaksanakan kegiatan Pelatihan Pemasaran Pariwisata,” katanya.
Disebutkan Yusron, sebanyak 50 peserta yang tersebar di 10 kabupaten/kota dalam pelatihan ini. Nantinya puluhan peserta tersebut menjadi duta dalam menyebarluaskan informasi dan pengetahuan untuk mendukung pemasaran dan promosi pariwisata di masing-masing daerah.
“Saat ini sektor pariwisata di Provinsi NTB sudah mulai bangkit kembali. Banyak event – event internasional yang akan diselenggarakan oleh sebab itu penguatan pemasaran dan promosi sangat penting untuk membuka peluang pasar pariwisata baru” ujarnya.
Ditambahkannya, promosi pariwisata harus semakin massif dilakukan oleh kabupaten/kota. Sehingga destinasi wisata yang ada di masing-masing wilayahnya bisa terekspos dengan baik. Dengan demikian, kedatangan wisatawan tidak saja untuk menyaksikan event yang sedang berlangsung melainkan menikmati destinasi wisata yang ada.
“Besar harapan saya ini bisa terlaksananya dengan baik sehingga akan semakin memperkuat pariwisata dan ekonomi kreatif NTB,” ungkapnya. (azm)