27.5 C
Mataram
Selasa, 30 April 2024
BerandaLombok BaratBupati Lobar Lakukan Mutasi, Jabatan Kadis PMD Justru Kosong Jelang Pilkades Serentak

Bupati Lobar Lakukan Mutasi, Jabatan Kadis PMD Justru Kosong Jelang Pilkades Serentak

Lombok Barat (Inside Lombok) – Di awal tahun 2023 ini, mutasi pejabat di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Lobar terhitung sudah dua kali dilakukan. Tiga orang pejabat eselon II pun digeser. Termasuk Kadis PMD yang saat ini justru kosong, di saat semakin dekatnya penyelenggaraan Pilkades serentak 18 desa di Lobar.

Ketiga pejabat yang digeser diantaranya, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lobar kini diisi oleh H. Saeful Akhkman, menggantikan M. Hendrayadi yang digeser untuk menduduki jabatan sebagai Asisten 3 Setda Lobar. Kemudian, posisi H. Saeful Ahkam yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Lobar, kini digantikan oleh Heri Ramadhan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lobar.

Namun, kekosongan jabatan kepala dinas di PMD Lobar justru menjadi sorotan. Mengingat rencananya sekitar bulan Mei mendatang, Lobar akan menggelar Pilkades serentak. “Tentu hal itu sudah kita perhitungkan dan sudah dipersiapkan,” ujar Bupati Lobar H. Fauzan Khalid saat dikonfirmasi usai pelaksanaan mutasi, Senin (27/03/2023) siang tadi.

Karena proses atau tahapan Pilkades sudah dimulai, maka posisi Kepala Dinas PMD Lobar, untuk sementara akan diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt). “Plt pasti, karena tidak boleh kosong. Untuk sementara Plt belum diusulkan, tapi yakin sudah ada di Pak Sekda,” jelasnya.

- Advertisement -

Fauzan juga menyampaikan bahwa mutasi pejabat di Lobar tadinya hendak dilakukan sebelum Bulan Ramadan, bersamaan dengan mutasi dua pejabat lainnya pada bulan Februari lalu.

“Sebenarnya sebelum puasa rencana digelar mutasi, tapi karena rekomendasi untuk Dinas Dukcapil dari Kemendagri yang belum keluar, akhirnya ditunda,” papar dia.

Khusus untuk Dinas Arpus dan Dukcapil Lobar, Bupati menegaskan bahwa keduanya merupakan Dinas yang strategis. Walaupun bukan bersifat pelayanan dasar seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Kebudayaan dan Pendidikan. Namun kata dia, Dinas Arpus dan Dukcapil memegang peranan penting di sebuah pemerintahan.

“Misal Dinas Dukcapil, jika Dinas ini tidak jalan, seperti kebutuhan masyarakat terhadap administrasi kependudukan akan berpengaruh ke yang lain. Seperti masyarakat yang mengurus surat keterangan tidak mampu atau untuk keperluan sekolah. Begitu juga Dinas Arsip dan Perpustakaan yang menyimpan semua data terkait arsip-arsip penting seperti aset dan yang lainnya,” beber dia.

Ia pun berpesan agar kinerja Kepala Dinas sebelumnya yang sudah baik, agar ke depannya dapat dilanjutkan. “Tinggal dimantapkan, tinggal di perluas dan tingkatkan kepuasan masyarakat di bidang pelayanan Adminduk maupun di Arpus,” tandas Bupati Lobar ini.

Mutasi yang juga dihadiri Wakil Bupati Lobar Hj. Sumiatun dan Sekda Lobar H. Ilham itu juga melantik 10 pejabat eselon III dan IV yang ada di beberapa SKPD lainnya. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer