25.5 C
Mataram
Rabu, 23 Oktober 2024
BerandaAdvetorialBBPOM di Mataram Kawal Keamanan Pangan Selama Event MotoGP Mandalika 2023

BBPOM di Mataram Kawal Keamanan Pangan Selama Event MotoGP Mandalika 2023

Mataram (Inside Lombok) – Perhelatan MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika tentunya menjadi salah satu momentum menggerakan ekonomi di NTB, tidak terkecuali dari sisi usaha kuliner yang ikut mengisi stan-stan di area sirkuit.

Sebagai tindak lanjut Bimtek Pemastian Mutu dan Keamanan Pangan Olahan Siap Saji yang telah dilaksanakan sebelumnya, tim BBPOM di Mataram bersama Dinas Kesehatan Lombok Tengah turun melakukan pengawasan implementasi kepatuhan pedagang tentang Keamanan Pangan di Mandalika, Sabtu (14/10).

Teriknya sinar mentari tak menyurutkan langkah petugas BBPOM di Mataram dalam upaya perlindungan terhadap masyarakat dari kejadian luar biasa akibat keracunan pangan. Petugas melakukan sampling dan uji cepat terhadap pangan siap saji yang berpotensi ditambahkan bahan berbahaya. 55 sampel pangan pun diambil dan dilakukan uji cepat. Hasilnya, seluruh sampel dinyatakan bebas dari Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methanyl Yellow.

Tim BBPOM di Mataram yang turun saat gelaran MotoGP Mandalika. (Inside Lombok/Ist)

Selain itu, petugas juga melakukan edukasi kepada para pedagang tentang pentingnya penerapan prinsip Keamanan Pangan dalam proses pengolahan dan penyajian pangan, agar pangan bebas dari cemaran fisik, kimia dan mikrobiologi sehingga aman untuk dikonsumsi. Terlebih cuaca panas merupakan salah satu pemicu tumbuhnya mikroba patogen pada pangan yang beresiko pada kesehatan jika penanganan pangan tidak dilakukan dengan baik.

- Advertisement -

Petugas juga membagikan celemek kepada pedagang serta stikerisasi Komitmen Keamanan Pangan di gerai pangan siap saji. Semoga kegiatan yang dilakukan semakin menumbuhkan kesadaran budaya Keamanan Pangan, karena Keamanan Pangan merupakan tanggung jawab kita bersama. (r)

- Advertisement -

Berita Populer