28.5 C
Mataram
Minggu, 29 September 2024
BerandaDaerahNTBApresiasi Pelayanan Masyarakat, Kepala Desa dan Lurah se-NTB Dapat Penghargaan Kanwil Kemenag

Apresiasi Pelayanan Masyarakat, Kepala Desa dan Lurah se-NTB Dapat Penghargaan Kanwil Kemenag

Mataram (Inside Lombok) – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) NTB memberikan penghargaan kepada kepala desa/lurah se-NTB. Penghargaan itu atas dedikasi dan kerja sama mereka dengan Kemenag dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pemberian penghargaan tersebut dirangkaikan dengan pengukuhan Pengurus Wilayah Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Provinsi NTB, di Aula Bir Ali 2 Asrama Haji, Rabu 25 September 2024. “Hari ini, kami ada pengukuhan pengurus wilayah asosiasi penghulu Republik Indonesia untuk Provinsi NTB sekaligus memberikan penghargaan kepada kepala desa dan lurah se-NTB. Tadi, sudah berikan secara simbolis kepala 10 perwakilan. Alhamdulillah untuk Pulau Lombok hampir semua kepala desa dan lurah hadir,” kata Kepala Kanwil Kemenag NTB, Zamroni Aziz.

Pemberian penghargaan ini sebagai salah satu cara Kementerian agama memberikan apresiasi kepala kepala desa dan lurah yang sudah bermitra dengan Kementerian Agama. “Termasuk bagaimana hari demi hari, proses pencatatan nikah di KUA, di desa semakin tercatat dengan baik,” kata Zamroni.

Ia meminta penghulu lebih proaktif, tidak hanya menjalankan tupoksi yaitu menikahkan orang, mencatat pernikahan orang, tetapi ada juga tugas fungsi sosial di dalamnya. “Penghulu harus menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat dalam menjalankan kehidupan beragama dan bermasyarakat,” tutur Zamroni.

- Advertisement -

Pelayanan Terpadu di Kantor Urusan Agama (KUA) penghulu dan kepala desa/lurah dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal, mulai dari urusan agama hingga urusan administrasi.

“Penghulu memiliki pemahaman mendalam tentang aspek agama, sementara kepala desa/lurah memahami kondisi sosial dan budaya masyarakat. Keduanya saling melengkapi dalam memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat,” katanya.

Selain itu, Zamroni juga meminta para Penghulu untuk menyampaikan pesan Pilkada damai di wilayah kerja masing-masing. “Kami juga undang Bawaslu KPU untuk mereka juga menyampaikan kepada masyarakat di wilayah kerja masing-masing untuk tidak golput.

“Sampaikan ke masyarakat untuk tidak golput, hindari hoax. Kami juga meminta kepada penghulu untuk berkoordinasi dengan seluruh penyelenggara pemilu dari tingkat kabupaten sampai tingkat kecamatan bahkan sampai ke tingkat desa untuk bersinergi dengan stakeholder yang ada, untuk mensukseskan Pilkada,” kara Zamroni. (r)

- Advertisement -


Berita Populer