30.5 C
Mataram
Kamis, 3 Oktober 2024
BerandaLombok BaratKomposisi Pimpinan Komisi DPRD Lobar Didominasi Wajah Baru

Komposisi Pimpinan Komisi DPRD Lobar Didominasi Wajah Baru

Lombok Barat (Inside Lombok) – Telah dilantik, wajah baru para anggota DPRD yang menang pada pemilu legislatif lalu kini mendominasi posisi pimpinan pada Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Lobar. Hal itu berdasarkan hasil musyawarah anggota DPRD Lobar yang digelar pada Rabu (02/10) sore.

Untuk Komisi I, jabatan ketua dipimpin anggota DPRD periode sebelumnya, Ahyar Rosidi dari PKS. Kemudian wakil ketuanya, Hendra Harianto yang juga merupakan dewan incumbent dari PKB, serta jabatan sekretaris dipegang oleh Beni Basuki, sebagai anggota DPRD baru dari Partai Golkar. Sedangkan susunan anggotanya terdiri dari Indris Putrawan, Kamaruddin, M Ali Hidayat, Deni Asnawi, Romi Rahman, Zaenuri dan Faedullah.

Kemudian untuk komisi II, jabatan ketuanya diisi oleh wajah baru yaitu Husnan Hadi dari Perindo, wakil ketua, Abdul Majid dari PPP, serta Haris Karnadi sebagai sekretaris. Untuk anggotanya terdiri Jumahir, Tunik Haryani, Munawir Haris, Farukfatin, Syukur, Hendri Suyana, serta Rafiah.

Begitu pun dengan komisi III, yang juga diisi wajah baru. Mulai dari jabatan Ketua, yang dipegang oleh Fauzi dari Partai PKB, wakil ketua Lalu Hermayadi dari Golkar dan Robihatul dari Demokrat, selaku sekretaris. Anggotanya terdiri dari Muhammad Jaenudin, Suherman, Nurul Adha, achmat Suparman, Lalu Irwan, Heri Irawan, dan munawir said.

- Advertisement -

Untuk komisi IV pun sama, jabatan ketua dipegang oleh Muhali sebagai anggota DPRD baru dari partai PPP, kemudian Syamsuriansyah dari Perindo sebagai wakil ketua, dan M Zulkarnain dari Golkar, sebagai sekretaris. Sedangkan anggotanya terdiri dari Taufiqurrahman, Pauzul Bayan, Zulpahmi, TGH Hamdi, M Munip, Sahwan, Azalea Annisa dan Saeun.

Beralih pada Badan Kehormatan (BK) DPRD Lobar, saat ini diketuai oleh Sahwan dari Demokrat dan wakil ketua TGH Hamdi dari PKB. Sementara untuk Badan Pembentuk Peraturan Daerah (Bapenperda) diketuai oleh Jumahir dari partai Golkar dan Muhammad Ali Hidayat dari PPP sebagai wakil ketuanya. Sementara itu untuk Badan Anggaran Daerah (Banggar), dan Badan Munsyawarah (Banmus) diisi hampir merata oleh Anggota dewan lama dan baru.

Ketua fraksi PKB Hendra Harinto mengaku bersyukur dengan hasil penetapan tersebut. Terlebih, saat ini banyak anggota dari PKB yang menduduki posisi strategis dalam AKD itu. “Di Wakil Ketua DPRD ada TGH Hardiyatullah, saya di Wakil Ketua Komisi II, Ketua Komisi III pak Fauzi, dan wakil ketua BK TGH Hamdi,” ujarnya saat dikonfirmasi usai paripurna, Rabu (02/10/2024) sore.

Politisi asal Narmada itu pun menilai capaian itu merupakan keberhasilan fraksi dalam melakukan komunikasi dan lobi di tingkat AKD. “Ini keberhasilan Fraksi,” singkatnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Lobar (Sekwan) Syahrudin bersyukur karena seluruh struktur AKD itu sudah diparipurnakan semua. Bahkan pelaksanaannya pun langsung dilakukan di hari yang sama, pasca pelantikan unsur pimpinan DPRD, pada Rabu (02/10) pagi.

Syahrudin mengakui bahwa hal itu dilakukan untuk mengejar ketertinggalan pembahasan APBD 2025 yang harus bisa diselesaikan maksimal pada akhir November mendatang. Supaya bisa ditetapkan paling telat akhir Desember nanti. “Iya memang itu menjadi salah satu target. Karena sebelum akhir November harus sudah kita bahas KUA-PPAS dan RAPBD 2025,” bebernya.

Sebelum memulai pembahasan KUA-PPAS, kata dia, para wakil rakyat itu rencananya akan melakukan reses untuk turun menyerap aspirasi masyarakat terlebih dahulu. Untuk kemudian aspirasi masyarakat itu yang akan dibawa dalam pembahasan APBD 2025 nantinya.

Kendati demikian, Syahrudin cukup optimis pembahasan APBD 2025 bisa tuntas sebelum batas akhir yang ditargetkan. “Kami akan usahakan secepatnya, sebelum tanggal 30 November,” tandasnya. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer