26.5 C
Mataram
Minggu, 14 April 2024
BerandaAdvetorialBank NTB Syariah Dukung Hidupkan Industri Kreatif di NTB

Bank NTB Syariah Dukung Hidupkan Industri Kreatif di NTB

Mataram (Inside Lombok) – NTB sangat kaya akan tradisi dan budayanya. Namun sayangnya, masih ada saja masyarakat meninggalkan budaya dan tradisi tersebut. Padahal, seharusnya dilestarikan agar tidak semakin ditinggalkan. Menjaga kelestarian tradisi dan budaya di NTB dilakukan oleh komunitas kreatif.

Melalui komunitas ini maka tradisi dan budaya di NTB bisa terjaga dan semakin banyak dikenal oleh masyarakat. Baik itu di pulau Lombok maupun Lombok Sumbawa, melalui kegiatan yang diinisiasi oleh komunitas kreatif dengan festival budaya peresean. Dalam mendukung kegiatan tersebut, bank daerah yakni NTB Syariah ikut serta.

“Bank NTB Syariah melihat inisiasi kami untuk menghidupkan lebih tinggi industri kreatif di NTB. Karena hal itu bank NTB Syariah memberikan dukungannya dengaj membantu memfasilitasi beberapa hal yang kami butuhkan dalam kegiatan tersebut,” ujar Mentor Komunitas Kreatif, Razaq, Kamis (29/2).

Dukungan diberikan oleh Bank NTB syariah ini, juga sebagai mendukung pertumbuhan pariwisata. Karena dengan adanya kegiatan tersebut, maka tidak menutup kemungkinan semakin menggaet wisatawan untuk menikmati dan menonton tradisi yang dikemas dengan modern oleh komunitas tersebut. “Ya betul (untuk mendorong pariwisata kota Mataram, Red). Kalau bantuan yang diberikan berupa dana,” terangnya.

- Advertisement -

Razaq melihat Lombok ini sangat kaya akan tradisi dan budayanya. Tapi masih banyak penduduk, terutama dari kalangan menengah keatas yang masih kurang bangga untuk melestarikan kekayaan yang ada. Bahkan lebih suka mengadopsi budaya dari luar, sehingga mencoba untuk menginisiasi menciptakan sebuah komunitas kreatif. Adanya komunitas ini boleh diikuti siapa saja yang ingin terlibat dan belajar lalu menciptakan sebuah perhelatan budaya dalam hal ini “presean”. “Kita mengemasnya secara modern kreatif dan inovatif agar kekayaan kita ini bisa lebih dikenal masyarakat luas hingga internasional,” terangnya.

Sementara itu, Bank NTB Syariah hadir di tengah-tengah komunitas kreatif ini sebagai bentuk dukungan bank daerah terhadap industri kreatif di NTB. Mengingat NTB, cukup dikenal dengan beragam tradisi dan budayanya. Dengan adanya dukungan ini diharapkan kegiatan festival budaya yang dilaksanakan pada Jumat (1/3) di Wisata Teras Udayana, industri kreatif di NTB semakin berkembang. Tidak hanya sebatas pada kegiatan ini saja. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer