25.5 C
Mataram
Sabtu, 13 April 2024
BerandaAstra Honda NTB#Cari_Aman Pentingnya Pakai Helm Saat Berkendara, Selamatkan Jiwa

#Cari_Aman Pentingnya Pakai Helm Saat Berkendara, Selamatkan Jiwa

Mataram (Inside Lombok) – Kesadaran menggunakan helm masyarakat di NTB masih rendah. Hal ini dapat tercerminkan dari kurang disiplinnya pengendara sepeda motor saat dijalan raya yang tak menggunakan helm walau jarak dekat sekalipun.

Melihat fenomena kebiasaan buruk masyarakat ini yang tak mengindahkan keselamatan diri saat berkendara apalagi hal tersebut juga termasuk pelanggaran lalu lintas. Untuk itu, Astra Motor NTB selaku perusahaan otomotif yang juga konsen pada aktivitas CSR edukasi keselamatan berkendara terus gencar dalam kampanye keselamatan berkendara untuk masyarakat.

“Astra Motor NTB melalui tim Safety Ridingnya gencar mensosialisasikan keselamatan berkendara melalui beragam wadah, baik secara langsung maupun berupa ulasan tips dan trik agar dapat sampai kepada audiens dengan baik,” jelas Chrystian David selaku Marketing Manager Astra Motor NTB.

Di NTB sendiri saat bulan suci Ramadan, pihak berwajibpun gencar melakukan operasi keselamatan Rinjani. Diketahui sedikitnya sudah ada 558 pengendara diberikan surat tilang dan 457 diberikan teguran di hari ke 12 pelaksanaan.

- Advertisement -

Pelanggaran berbanyak adalah pengendara yang tak menggunakan helm. Helm sendiri menjadi salah satu dari perlengkapan berkendara yang wajib digunakan, selain karena sudah diatur dalam undang-undang lalu lintas helm juga memiliki fungsi utama untuk melindungi kepala dan mengurangi dampak negative dari benturan.

“Karena penggunaan helm adalah hal wajib digunakan saat naik motor, untuk itu pilihlah helm berstandar SNI ya. Agar semakin #Cari_Aman, berikut Instruktur Safety Riding kami akan membagikan tips pemilihan helm yang baik dan benar,” lanjut kata David.

Ditambahkan oleh Satria Wiman Jaya selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB, pilihlah helm berstandar SNI, untuk helm SNI di Indonesia ada helm open dan full face, dengan menggunakan helm berstandar SNI maka helm tersebut sudah melewati uji kelayakan seperti uji tekan.

Pilih juga helm dengan ukuran yang pas agar memberikan perlindungan maksimal dan tentu saja membuat kita tetap nyaman saat berkendara. Dengan memilih warna helm cerah akan lebih baik karena dapat membuat kita lebih mudah teridentifikas oleh pengendara lain. Dan ingat sesuaikan berat helm jangan yang terlalu berat agar otot leher tetap rileks selama berkendara.

“Jangan lupa di klik saat menggunakan helm, untuk mencegah potensi helm terlepas saat digunakan ataupun saat terjatuh,” kata Satria. (r)

- Advertisement -

Berita Populer