11 Ribu ASN Loteng Akan Ramaikan Peluncuran Sirkuit Motocross 459 Lantan

458
Sekda Loteng dan Kadis Pariwisata Loteng saat menyampaikan keterangan Pers di Lantan, Jumat (6/5/2022) (Inside Lombok/Fahri)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) akan meluncurkan Sirkuit Motocross 459 di Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara. Tepatnya pada perayaan lebaran ketupat, Senin 9 Mei Mendatang.

“Sirkuit motocross sudah siap untuk dilaunching dan dioperasikan. Tadi sudah diuji dan dilakukan inspeksi oleh tim dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). Kita tunggu penilaian dari tim,” kata Sekda Loteng, L. Firman Wijaya di Sirkuit 459 Lantan, Jumat (6/5/2022) sore.

Pada acara tersebut direncanakan akan diikuti oleh 11 ribu ASN lingkup Pemkab Loteng. Pada hari H peluncuran semua perlengkapan siap dipasang, di mana para tamu dan masyarakat setempat diundang menghadiri peluncuran sirkuit motocross tersebut.

Selain itu, Sekda menyebut masyarakat desa Lantan akan dilibatkan secara teknis menyiapkan segala sajian dan mengelola parkir.

Sirkuit motocross pertama di NTB tersebut dibangun di atas lahan seluas 17 hektare milik Pemkab Loteng. Sirkuit yang dibuat memiliki 17 tikungan, di antaranya 8 tikungan kiri dan 11 tikungan kanan.

Dikatakan Sekda, puluhan crosser dari dalam dan luar negeri akan hadir pada peluncuran tersebut. Sebelumnya para pembalap juga akan melakukan uji coba pada 7-8 Mei 2022 dan selanjutnya kejurnas tetap akan digelar pada November 2022 mendatang.

Sekda berharap melalui event ini pertumbuhan ekonomi masyarakat akan muncul dan sektor-sektor pendukung seperti pariwisata akan bangkit seperti halnya di wilayah selatan. Dengan demikian pemerataan dan pendapatan masyarakat akan seimbang.

“Ini semua untuk peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah utara, agar terjadi keseimbangan pembangunan,” kata Sekda. (fhr)