20 Anak Buah Kapal Pesiar Dipulangkan

Supardi, Kadisnakertrans Lombok Timur, Selong (14/05/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Akibat adanya pandemi covid-19, banyak karyawan yang di-PHK maupun yang dirumahkan. Seperti halnya beberapa karyawan asal Lombok Timur yang bekerja di kapal pesiar.

Dari data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Lombok Timur mencatat sebanyak 20 karyawan asal Kabupaten Lombok Timur di dipulangkan dari kapal pesiar sejak bulan April hingga Mei 2020.

“Para karyawan kapal pesiar ini pulang secara mandiri lewat jalur laut,” ucap H Supardi, Kadisnakertrans Lombok Timur, saat ditemui Inside Lombok, di Selong, Kamis (14/05/2020).

Adapun beberapa kapal pesiar yang memulangkan dan PHK karyawannya antara lain dari ABK spectrum of the sease RCC sebanyak lima orang, ABK AIDA cruises sebanyak lima orang, ABK quantum of deseas sebanyak enam orang, ABK MV eksplorer dream sebanyak satu orang dan ABK Mein schiff sebanyak tiga orang.

“Para ABK ini sudah melewati pemeriksaan yang ketat mulai dari pelabuhan,” katanya.

Ia berharap agar pandemi covid-19 ini bisa berakhir secepatnya. Supaya tidak ada lagi karyawan dipulangkan maupun di-PHK. Sebab semakin banyak pengangguran yang ada di Lombok Timur. Terlebih ditambah oleh para PMI yang pulang dari luar negri.

“Kita khawatir jika ini terus terjadi, jumlah pengangguran semakin melejit di Lombok Timur akibat covid-19 ini,” tandasnya.

Sebelumnya, Disnakertrans Lombok Timur telah menggelar Job Fair untuk mengurangi pengangguran dan bekerjasama dengan beberapa perusahaan di Lombok Timur.