Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Jamu Kunyit Asam, Ini Resepnya

Mataram (Inside Lombok) – Konsumsi minuman herbal di tengah pandemi Covid-19 ini menjadi hal yang patut dilakukan. Lantaran sejumlah minuman herbal yang diracik secara tradisional terbukti berkhasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satunya yaitu Jamu Kunyit Asam. Kunyit Asam merupakan racikan jamu tradisional yang tentunya memiliki sejumlah manfaat.

Selain tingkatkan sistem imunitas tubuh, Kunyit Asam dapat melancarkan haid bahkan menghilangkan rasa nyeri bila diminum secara rutin. Tak hanya itu, konsumsi jamu ini juga mampu membantu menjaga kesehatan kulit.

Proses pembuatan jamu ini juga tidak susah, bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemukan. Dilansir dari Tastemade.com, bahan dan cara pembuatan Jamu Kunyit Asam adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan:
– 500 gram air
– 125 gram kunyit
– 125 gram asam jawa
– 70 gram gula merah
– 1/4 sdt garam

Cara pembuatan:
1. Cuci dan bersihkan kunyit yang telah di sediakan dengan air hingga bersih kemudian ditumbuk atau diparut hingga benar-benar halus. Kemudian peras dan ambil sarinya saja.

2. Rebus sari kunyit tadi dengan 2 liter air dengan mencampur asam jawa beserta gula aren yang sudah tersedia.

3. Tunggu hingga cukup panas dan akan mendidih. Lalu masukkan 1/4 sdt garam dapur dan aduk hingga benar-benar tercampur.

4. Saat baru mendidih, kompor langsung dimatikan dan tiriskan, maka jamu kunyit asam siap disajikan. Kunyit Asam bisa dinikmati dengan tambahan es batu.

Selamat mencoba dan selamat menjalankan ibadah puasa. Tingkatkan terus imunitas tubuh agar terhindar dari penyakit, termasuk penyakit akibat virus corona.