Diskominfo Lotim Akan Buat Kelompok Informasi Masyarakat di Desa

Saat rapat evaluasi KIM se Lotim di Kantor Bupati, di Selong, Kamis (11/12/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Dinas Kominfo Kabupaten Lombok Timur, ingin segera menjalankan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang terdapat di semua desa yang ada di Lotim. Agar program dari desa maupun program daerah ke desa bisa langsung disampaikan melalui website setiap desa. Langkah tersebut juga diambil untuk menepis isu-isu negatif atau kekeliruan yang mungkin diberitakan oleh media mainstream.

Kepala Seksi Pengelolaan Media dan Pelayanan dan Penguatan Informasi Publik Diskominfo Lotim, Sahrudin mengatakan, pihaknya akan menyiapkan portal website untuk kebutuhan informasi dengan berbagai alat dan insfrastruktur yang ia punya. Hanya saja pemanfaatan dari pihaknya ke masyarakat ataupun dari masyarakat itu sendiri masih kurang.

“Dengan begitu nantinya program kita di pemda bisa langsung kita informasikan ke masyarakat,”ucapnya saat ditemui Inside Lombok, Kamis (10/12).

Dikatakannya tugas pokok dari KIM itu sendiri untuk menyebarkan informasi yang benar kepada masyarakat terhadap program-program dari pemerintah daerah dengan bahasa mereka sendiri.

“Sering kali kita temukan kekeliruan penyampaian informasi dari atas ke bawah, maupun dari masyarakat itu sendiri, tidak mungkin pimpinan kita mengetahui kejadian apa yang dibawah, sehingga banyak yang bilang tidak diperhatikan,” jelasnya.

Jika ada terjadi kekeliruan di bawah, maka tugas KIM itu yang akan melaporkan melalui portal website yang akan dibuat oleh pemda, sehingga kekeliruan itu bisa diselesaikan dengan cara baik-baik.

“Jadinya dengan begitu kita tidak langsung menuduh,” katanya.

Keberadaan KIM tersebut juga, kata Sahrudin, sebagai garda terdepan menepis isu-isu negatif atau kekeliruan dari media mainstream maupun media yang tidak jelas. Jika ditemukan seperti itu, KIM akan langsung menginformasikan ke pihaknya dan akan dikirim ke pusat sebagai laporan.