27.5 C
Mataram
Rabu, 24 April 2024
BerandaBerita UtamaDPRD Kota Mataram Minta Pemberangkatan Haji ONH Plus Diawasi

DPRD Kota Mataram Minta Pemberangkatan Haji ONH Plus Diawasi

Mataram (Inside Lombok) – DPRD Kota Mataram meminta agar pengawasan terhadap pelaksanaan ibadah haji melalui ONH plus bisa dilakukan. Pasalnya, usulan kenaikan biaya haji tahun ini diprediksi akan berdampak pada meningkatnya masyarakat yang akan memilih jalur haji ONH plus.

Ketua DPRD Kota Mataram, H. Didi Sumardi mengatakan pengawasan terhadap travel yang melaksanakan ONH plus ini harus dilakukan. Pasalnya, dari pengalaman masyarakat yang menggunakan jalur khusus tersebut terjadi pembengkakan biaya pada saat pelaksanaanya.

“Itu dibarengi dengan evaluasi dan pengawasan yang ketat. ONH Plus itu, pengalaman dari masyarakat kita yang mengambil jalur ONH Plus, luar biasa besarnya dan ada juga biaya-biaya yang tidak masuk komponen kewajibannya,” katanya.

Berdasarkan dari informasi yang didapatkan pihaknya, kenaikan biaya yang dibebankan kepada jemaah terjadi ketika situasi tertentu. Dengan demikian harus ada pengawasan dan penetapan harga tertinggi untuk pelaksanaan haji melalui jalur khusus tersebut. Hal ini dilakukan agar pada saat pelaksanaan ibadah haji, tidak lagi keluar biaya-biaya lainnya.

- Advertisement -

“Travel ini harus diawasi dan dibarengi dengan pengawasan dan perlu penegasan terhadap nilai tertinggi terkait dengan pembiayaan ONH Plus. Harus ditentukan biar tidak melampaui itu,” ucapnya.

Pengawasan ini merupakan bentuk perlindungan terhadap jemaah. Karena jika dilakukan demikian, biaya yang dibebankan lagi kepada jemaah akan sangat tinggi. “Kalau tidak begitu bagaimana mengeksploitasi dari calon jemaah haji kita di tengah persaingan begitu ketat,” katanya.

Sementara itu Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Mataram, H. Kasmi mengatakan tidak semua travel haji dan umrah bisa memberangkatkan jemaah melalui ONH Plus. Di Kota Mataram sebanyak empat travel yang sudah mendapatkan izin untuk melaksanakan haji jalur khusus tersebut.

“Tidak semua travel yang bisa melaksanakan keinginan jemaah untuk melayani pendaftaran haji khusus. ada beberapa travel saja yang ada di NTB ini untuk melaksanakan haji khusus,” katanya.

Untuk bisa melaksanakan ibadah haji melalui ONH plus ini calon jemaah haji harus menyetor awal sebesar 4.000 dollar untuk bisa mendapatkan nomor porsi. Standar biaya yang harus dikeluarkan oleh jemaah yaitu sebesar 8.000 dollar untuk bisa melaksanakan ibadah haji melalui jalur tersebut.

Selain itu khusus untuk travel yang bisa melaksanakan ibadah haji melalui ONH plus ini diakuinya merupakan kewenangan Kantor Wilayah Kemenag NTB. “Ada di kantor wilayah yang punya kewenangan. Kalau ada yang melaksanakan ibadah haji khusus harus ke kantor wilayah dulu,” pungkasnya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer