Dua Rumah Sakit di Lobar Ditarget Dapat Sertifikat Net Zero Emission

Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid. (Inside Lombok/Istimewa).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Dua rumah sakit umum daerah (RSUD) di Lombok Barat (Lobar) ditargetkan memperoleh sertifikat Net Zero Emission. Target itu diharapkan terealisasi saat hari ulang tahun (HUT) Lobar tahun depan.

“Saat ini kita sedang dan akan memulai, kita pasang tekad, untuk dua rumah sakit di Lobar, di HUT Lobar yang akan datang, itu harus sudah punya sertifikat Net Zero Emission,” ungkap Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid, Selasa (29/11/2022).

Dalam upaya untuk mencapai Net Zero Emission ini, RS Patuh Patut Patju (Tripat) Gerung dan Rumah Sakit Awet Muda (RSAM) Narmada akan dijadikan percontohan. Sebelum nantinya, upaya untuk mengurangi emisi karbon itu juga akan diupayakan secara menyeluruh pada berbagai sektor.

“Baru dua dulu, pelan-pelan dulu. Karena cita-cita kita kalau bisa semuanya,” imbuh dia. Menurut Fauzan, jumlah karbon yang dikeluarkan dengan yang diserap harus paralel dan seimbang. Sehingga melalui pemasangan panel surya yang saat ini tengah berlangsung di dua rumah sakit tersebut diharapkan dapat mengurangi emisi karbon.

“Setelah itu nanti ada taman, ada taman vertikal. Intinya supaya dia seimbang karbon yang keluar dari aktivitas rumah sakit, dengan pepohonan dan tumbuhan hijau yang bisa menyerap itu,” bebernya.

Di mana panel surya yang saat ini disebutnya tengah dipasang di kedua rumah sakit tersebut merupakan program bantuan yang diperoleh untuk pihak rumah sakit. Yang dalam prosesnya nanti, surya tersebut, dikatakannya hanya bisa dipakai untuk menghemat energi saat siang hari, karena tanpa baterai.

“Jadi panel surya itu bantuan dari WNBP lewat teman-teman (Pihak rumah sakit), karena mereka BLUD. Karena dalam hal ini Pemerintah tidak boleh dibantu,” tandasnya. (yud)