Hujan Deras, Desa Seruni Mumbul dan Labuhan Lombok Tergenang Banjir

Lombok Timur (Inside Lombok) – Akibat curah hujan yang cukup tinggi di beberapa wilayah Lotim, menyebabkan banjir di beberapa desa. Seperti Desa Seruni Mumbul dan Desa Labuhan Lombok, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lotim.

Salah seorang warga Desa Seruni Mumbul, Zainur Wardi mengatakan, hujan deras yang terjadi di desanya sejak pukul 12.45 wita menyebabkan air Sungai Ceremai di Kampung Sasak, Desa Seruni Mumbul meluap. Selain itu ada juga air kiriman dari Dusun Turingan, Desa Labuhan Lombok yang menyebabkan terjadinya banjir.

“Banjir terjadi sekitar pukul 14.00 wita dengan genangan mencapai setinggi lutut orang dewasa,” ucapnya.

Zainur mengatakan, sebanyak tiga dusun yang terendam banjir di Desa Seruni mumbul yaitu Dusun Mandar, Dusun Sasak, dan Dusun Brantapen Sari. Sementara, Kata Zainur, di Desa Labuhan Lombok beberapa dusun juga terendam, namun ia belum tahu pasti dusun mana saja.

“Aktivitas warga saat ini lumpuh karena akses jalan juga terendam banjir,” ucapnya.

BPBD Lotim juga membenarkan adanya bencana banjir yang menimpa Desa Labuhan Lombok dan Desa Seruni Mumbul. Pihak BPBD langsung cek lokasi kejadian dan melakukan assesment. Selain itu juga melakukan evakuasi mandiri warga dengan dibantu TNI, Polri, SAR, PMI, pihak kecamatan dan desa.

“Beruntungnya pada musibah tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Namun mengakibatkan akses jalan terganggu dan sumur warga menjadi tercemar,” jelas Kasi Evakuasi BPBD Lotim, Lalu Masri Habibullah.

Warga sekitar diimbau untuk tetap waspada dan mencari lokasi yang aman. Terutama bagi warga yang rumahnya saat ini masih tergenang banjir.