Pemkab Lotim Siapkan Sarpras Penyimpanan Vaksin Covid-19

35
Jubir Satgas Covid-19 Lotim, H Pathurrahman saat ditemui Inside Lombok di Posko Satgas, di Selong, Senin (14/12/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Menyambut kedatangan Vaksin Covid-19 pada awal tahun 2021 mendatang, Tim Satgas Covid-19 Lotim dan Dinas Kesehatan (Dikes) Lotim terus berupaya melengkapi sarana dan prasarana (sarpras) penyimpanan Vaksin Covid-19 di setiap puskesmas.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Lotim, H Pathurrahman mengatakan, pihak Dikes Lotim saat ini tengah melengkapi sarpras penyimpanan Vaksin Covid-19 di setiap puskesmas yang ada. Seperti ruangan bersuhu dingin ataupun kulkas.

“Saat ini teman-teman dari Dikes sedang memantau kesiapan di setiap puskesmas,”ujarnya saat ditemui Inside Lombok di Posko Satgas Covid-19 Lotim, Senin (14/12) siang.

Pihak Satgas Covid-19 bersama Dikes Lotim juga saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi terkait betapa pentingnya Vaksin Covid-19 kepada masyarakat. Serta tetap menerapkan protokol kesehatan dan dengan memasang banner di tempat-tempat strategis.

“Kita juga bekerjasama dengan tokoh agama dan masyarakat untuk mensosialisasikan Vaksin melalui khutbah Jum’at,” katanya.

Sasaran vaksin ini nantinya akan dilakukan pendataan jumlah yang akan divaksinasi dan umur yang paling rentan terserang Covid-19. Namun, kata Pathurrahman, untuk sasaran utama Vaksinasi itu nantinya akan dilakukan kepada tenaga kesehatan sesuai petunjuk dari pusat.

” Setelah nakes, Vaksinasi kemudian akan diberikan kepada TNI dan Polri,” katanya.

Terkait biaya vaksin, Pathurrahman mengatak pihaknya masih menunggu arahan dari Dikes Provinsi NTB terkait dengan Vaksinasi terhadap warga sipil. Apakah nantinya akan dikenai biaya atau tidak.

“Kita juga belum tahu soal itu, kita menunggu sosialisasi dan arahan dari provinsi,” ungkapnya.