27.5 C
Mataram
Jumat, 14 Juni 2024
BerandaBerita UtamaJalan Bypass Mandalika Amblas, PUPR Loteng Bingung

Jalan Bypass Mandalika Amblas, PUPR Loteng Bingung

Lombok Tengah (InsIde Lombok) – Ruas jalan bypass menuju Sirkuit Mandalika rusak parah, tepatnya di kilometer 11 Desa Pengengat, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng). Ruas jalan tersebut amblas sepanjang kurang lebih sebelas meter dengan kedalaman sekitar satu meter.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Tengah (Loteng), Lalu Rahadia mengatakan pihaknya bersama Balai Pemeliharaan Jalan Nasional (BPJN) telah melakukan rapat dan koordinasi terkait amblasnya jalan tersebut. “kemarin kita rapatkan, jadi dalam sejarah mereka (BPJN, Red) mengerjakan jalan mereka juga bingung dengan kondisi ini,” katanya, Kamis (20/7/2023) di Kantornya.

Menurut Rahadian, jalan yang mengalami amblas tersebut sudah sangat sering dilakukan perbaikan dengan ditimbun dan diaspal ulang, namun amblas lagi. “Jalan itu sudah beberapa kali ditimbun, tapi turun lagi,” katanya.

Saat ini pihak yang berwenang terhadap jalan tersebut disebutnya telah menurunkan tim khusus untuk mengkaji masalah tersebut. “Jangan sampai ditimbun terulang lagi (amblas), karena ini struktur tanah di bawahnya kita juga belum tahu,” terangnya.

- Advertisement -

Rahadian menjelaskan, untuk sementara waktu jalan tersebut tidak akan diaspal hingga penyelenggaraan MotoGP Oktober mendatang, karena menunggu hasil kajian terhadap tekstur tanah di lokasi tersebut. “Untuk menghadapi MotoGP ini mereka hanya akan melakukan penimbunan dan pemadatan. Tidak diaspal halus, tapi akan diratakan sama aspal saja, jika terjadi turun lagi kan bisa diperbaiki kembali,” tandasnya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer