26.5 C
Mataram
Senin, 26 Februari 2024
BerandaBerita UtamaJalan Perbatasan Mataram-Lobar Rusak Parah, Rencana Perbaikan Tahun Ini

Jalan Perbatasan Mataram-Lobar Rusak Parah, Rencana Perbaikan Tahun Ini

Mataram (Inside Lombok) – Ruas jalan yang rusak parah di perbatasan Kota Mataram – Lombok Barat, tepatnya di Karang Genteng – Terong Tawah dikeluhkan pengendara karena sudah seperti kolam. Perbaikannya pun baru direncanakan bisa berjalan tahun ini. 

Salah seorang pengendara, Dina mengatakan kondisi jalan sudah cukup parah. Selain berlubang, jalan tersebut juga tetap tergenang. Terlebih ada pipa pembuangan air yang langsung ke jalan. 

“Jalan Pagutan ke Terong Tawah banjir dan ada jalan berlubang. Belum-belum diperbaiki sampai lubangnya sudah besar sekarang. Sekarang makin parah. Seperti kolam beneran tapi tidak ada pilihan lain,” katanya. 

Menurutnya, kondisi jalan tersebut cukup berbahaya bagi pengendara. “Ini cukup berbahaya bagi kita (pengendara, Red),” katanya. 

- Advertisement -

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram, Miftahurrahman mengatakan perbaikan jalan di Kota Mataram akan dilakukan tahun ini. Perbaikan jalan akan dilakukan hingga batas kota sekitar 1 kilometer. 

“Kita tangani sekarang tahun ini. Jalan perbatasan dengan Lombok Barat. Kita tangani tahun ini. Sampai batas jalan kota sekitar 1 kilometer,” katanya. 

Kondisi yang paling parah kata Miftah ada di perbatasan antara Kota Mataram dan Lombok Barat. Karena ada limbah rumah tangga yang melewati jalan disebabkan tidak adanya saluran.

“Ada limbah rumah tangga itu lewat jalan. Saluran tidak ada. Besok kita buat saluran dari masyarakat maupun air hujan,” ujarnya. 

Alokasi anggaran yang disiapkan untuk perbaikan jalan tersebut sekitar Rp200 juta. Namun besaran ini belum bisa diketahui secara pasti karena perbaikan tidak saja di lokasi tersebut, tapi juga di beberapa ruas jalan lainnya.

“Kita hitung perencanaannya. Kita buatkan gorong-gorong bawa ke saluran sebelahnya melintang jalan. Kemudian kita tinggikan dikit dia,” paparnya.

Dinas PUPR Kota Mataram akan mengupayakan, jalan yang akan diperbaiki tersebut menggunakan hotmix. Direncanakan, perbaikan jalan akan dimulai pada akhir triwulan pertama tahun ini. Saat ini, pihaknya masih melakukan persiapan.

“Insya allah kita usahakan hotmix. kita persiapan dulu baru selesai anggaran. proses perencanaan Biar mateng. Insya allah kita usahakan triwulan pertama ini kita sudah mulai. perencanaannya kita selesaikan dulu,” pungkasnya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer