Jangan Hanya Bebankan Ibu, Peran Ayah Juga Penting dalam Mendidik Anak

Psikiater RPTC Lotim, M Zulkarnaen, di Selong, Sabtu (25/07/2020). (Inside Lombok/Istimewa).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Peran orang tua sangat penting dalam mendidik anaknya. Tidak saja peran ibu, namun peran ayah juga sangat vital. Sehingga anak tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah. Mengingat belakangan banyak kasus anak terjadi di berbagai daerah, termasuk di Lombok Timur.

Psikiater Rumah Perlindungan dan Trauma Center Lotim, M Zulkarnaen mengatakan dari beberapa kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur yang sebenarnya ada kekosongan dalam pola asuh anak. Yaitu pola asuh seorang ayah pada anaknya sangat minim.

“Rata-rata kasus yang saya tangani di Lotim yaitu korban perceraian, ayahnya meninggal, ditinggal ke Malaysia, ayahnya menikah lagi, dan banyak sekali. Sehingga sangat penting pola asuh anak dari ayahnya,” jelasnya.

Beberapa pola asuh yang terjadi di masyarakat dianggap keliru. Masyarakat hanya mengenal bahwa pola asuh terdapat hanya pada seorang ibu. Sehingga pola asuh yang tidak kalah penting dari seorang ayah terlupakan.

“Tidak kalah pentingnya pola asuh seorang ayah pada anaknya, jika tidak mau melihat masa depan anaknya menjadi suram. Ayo kita sebagai ayah lebih gencar mengasuh anak,” pintanya.

Dalam beberapa buku kajian psikologi terkait pentingnya pola asuh bagi perkembangan anak. Hal itu dibuktikan dengan fakta yang terjadi di lapangan dan juga beberapa kasus pelecehan seksual, pemerkosaan, pencurian dan bahkan si anak terperosok ke dalam pergaulan bebas akibat kekosongan pola asuh dari seorang ayah.

“Rata-rata kasus tersebut disebabkan tidak ada pola asuh seorang ayah, jika hanya seorang ibu yang mengasuh si anak bisa dikatakan itu tidak maksimal dalam pola asuh anak,” terangnya.

“Hal itu bisa dinilai sendiri oleh masyarakat. Ada juga yang ayah ibunya masih utuh, namun pola asuh pergaulan anaknya tidak dipantau, melainkan membebaskan anaknya untuk bergaul,” cetusnya.

Meskipun seorang ayah tidak mengandung, melahirkan dan menyusui anaknya. Namun seorang ayah bagi anak sangat penting dalam pola asuh dan perhatian yang diberikan.

“Jika keduanya bekerja, wajib salah satunya meninggalkan pekerjaannya dan memfokuskan diri mengasuh anaknya,” ucapnya.

Zulkarnaen meminta kepada semua orang tua untuk memberikan pola asuh yang benar dan pemahaman kepada anaknya. Inti kesuksesan seorang anak terdapat pada peran kedua orang tua.

“Jangan sepelekan peran seorang ayah, karena sama pentingnya dengan ibu dalam pengasuhan anaknya. Mohon kepada ayah dan ibu memberikan pola asuh dan perhatian pada anak-anaknya,” pungkasnya.