Kejar Target PRR, Disdukcapil Lotim Lakukan Perekaman di Sekolah

23
Aktivitas perekaman e-KTP di SMAN 1 Pringgasela, Rabu (05/10/2022). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Dalam mengejar target capaian Print, Ready, Record (PRR), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) permudah registrasi adminduk bagi siswa-siswi sekolah dengan melaksanakan perekaman di setiap SMA/SMK di Lombok Timur.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Irpan Widiatma menjelaskan bahwa dalam rangka mencapai perekaman e-KTP sekitar 99 persen, pihaknya terus menggencarkan pelayanan perekaman ke sekolah- sekolah bagi para siswa-siswa yang berusia 16 tahun ke atas.

“Capaian kita saat ini sekitar 97 persen dan itu kita terus lakukan perekaman di setiap SMA/SMK yang ada di Lombok Timur,” ucapnya saat ditemui Inside Lombok di SMAN 1 Pringgasela, Rabu (05/10).

Perekaman yang dilakukan di setiap SMA/SMK tidak langsung dilakukan pencetakan e-KTP, dikarenakan stok blangko untuk Kabupaten Lombok Timur yang masih minim. Namun pihak Dikbud Lombok Timur sebisa mungkin untuk memaksimalkan pencetakan e-KTP bagi para siswa-siswi.

“Bagi yang berusia 16 tahun kita sebatas lakukan perekaman, sedangkan untuk usia 17 tahun ke atas sebisa mungkin kita lakukan pencetakan, namun saat ini ketersediaan blangko masih terbatas,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Pringgasela, Taufik Fansuri mengucapkan terima kasih kepada pihak Disdukcapil Lombok Timur yang telah langsung berkunjung ke sekolah melakukan perekaman e-KTP. Hal tersebut dirasa baik olehnya dikarenakan siswa-siswi tak perlu lagi ke Kantor Camat maupun ke Disdukcapil.

“Ini sangat mempermudah siswa-siswi kita sehingga tidak perlu lagi jauh-jauh ke kantor Camat dan Disdukcapil untuk melakukan perekaman, langka jemput bola dari Disdukcapil ini sangat baik sekali,” pungkasnya. (den)