Kemenag Lotim Imbau Masyarakat Tak Setorkan Dulu Biaya Umrah

Lombok Timur (Inside Lombok) – Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Timur (Lotim) mengimbau masyarakat untuk sementara menunda pembayaran pelaksanaan ibadah umrah tahun ini kepada pihak travel. Hal itu dikarenakan sampai saat ini Pemerintah Arab Saudi belum memberikan akses terhadap sejumlah negara akibat Pandemi Covid-19.

Kasi Haji dan Umrah Kemenag Lotim, Rohmatullah mengatakan adanya instruksi pembatalan penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini. Pihaknya juga meminta kepada masyarakat yang akan melaksanakan ibadah umrah, untuk menunda keberangkatannya terlebih dahulu.

“Diimbau kepada masyarakat Lotim untuk menunda rencana keberangkatan umrah tahun ini, kerena persyaratan menjalankan ibadah umroh juga sangat ketat, seperti ibadah haji,” terang Rohmatulloh Kasi Haji Kemenag Lotim, Sabtu (05/06/2021).

Keberangkatan para jamaah untuk ibadah umrah langsung ditangani oleh pihak travel masing-masing. Untuk itu, Rohmatullah berharap agar masyarakat untuk tidak melakukan ibadah umroh tahun ini, sebab Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang tidak diperbolehkan memasuki wilayah Arab Saudi.

“Hal ini juga untuk mengantisipasi masyarakat kita dari penularan Covid-19,” imbuhnya.

Jumlah calon jemaah umroh asal Lotim yang tertunda keberangkatannya sendiri mencapai 128 orang. Untuk calon jemaah yang sudah melakukan pembayaran pendaftaran, diimbau untuk tidak melanjutkan pembayaran terlebih dahulu.

“Kami harap masyarakat tidak menyerahkan uang setoran dulu untuk ibadah umroh kepada pihak travelnya,” imbuhnya.