KONI Pusat Diminta Pertimbangkan NTB Jadi Tuan Rumah PON 2028

43
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Inside Lombok/Azmah)

Mataram (Inside Lombok) – Provinsi NTB dan NTT terus didorong menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 22 tahun 2028 mendatang. Terlebih saat ini sebanyak 27 daerah sudah menyatakan dukungannya kepada NTB dan NTT.

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, Sabtu (28/5) mengatakan, tahun 2028 mendatang Provinsi NTB akan menjadi tuan rumah PON. “Melalui podium ini saya mengusulkan dan mengimbau kepada ketua umum KONI pusat untuk mempertimbangkan dan memutuskan NTB menjadi tuan rumah PON 2028,” tegasnya.

Ia mengatakan, dengan adanya 27 daerah yang sudah memberikan dukungan kepada NTB dan NTT untuk menjadi tuan rumah, maka dipastikan sudah pasti terpilih. Namun yang terpenting saat ini yaitu adanya sentuhan politik agar tetap dipilih.

“Kalau sudah 27 daerah berarti sudah jadi barang itu.Tinggal sentuhan sedikit saja dalam ranah politik,” ucapnya.

Untuk memastikan ini, dirinya akan berkomunikasi dengan ketua KONI pusat. Karena jika sudah 27 provinsi maka tidak ada alasan KONI pusat untuk memindahkannya ke tempat lain. “Karena kesepakatan KONI daerah memilih NTB.

“Persiapkan saja masyarakat untuk menyambut perhelatan PON 2028 itu,” katanya.

Sementara itu, Ketua KONI Provinsi NTB, H. Mori Hanafi mengatakan pihaknya sudah melakukan bidding PON beberapa tahun lalu, tapi gagal. Sehingga untuk memastikan bidding yang sudah dilakukan NTB dan NTT terpilih, maka harus ada dukungan politik.

“Saat ini sudah ada 27 daerah yang mendukung. Jadi kita minta dukungan ketua MPR RI juga agar NTB bisa menjadi tuan rumah. Keputusan bidding ini tidak melulu masalah teknis tetapi ada keputusan politik disitu,” harapnya.

Jika NTB dan NTT terpilih menjadi tuan rumah, maka event empat tahunan tersebut akan diberikan nama PON Nusa Tenggara. Untuk tahun 2024 mendatang, PON akan digelar di Sumatera Utara dan Aceh.

“Tahun 2024 akan diadakan di Sumut dan Aceh Indonesia bagian barat, kemarin Papua Indonesia bagian timur. Maka wajarlah PON itu dilaksanakan di NTB dan NTT dengan PON Nusa Tenggara,” katanya.

KONI NTB menargetkan, dengan menjadi tuan rumah pada PON 2028 tidak saja sukses dalam penyelenggaraan melainkan juga prestasi. Karena itu ditargetkan medali emas yang bisa diraih pada PON 2028 yaitu sebanyak 50 medali.

“Karena itu juga kami berharap dari cabang di IMI Motor bisa menyumbangkan medali emas bisa lebih dua. Kami segala keterbatasan akan mensuport full,” pungkasnya. (azm)