Lombok Barat Bersiap untuk Program Konstratani

Bupati Lombok Barat bersama dengan Kepala BPPSDMP Kemeterian pertanian, saat melakukan pembahasan terkait program konstratani yang akan dilaksanakan di Lombok Barat. Rabu (21/10/2020) di ruang kerja Bupati Lobar. (Inside Lombok/Istimewa).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Lombok Barat akan menjadi lokasi pelaksanaan program Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Konstratani). Yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) para petani melalui pemberdayaan Badan Penyuluh Pertanian.

“Pemberdayaan ini tentu akan kita lakukan melalui dukungan saran dan prasarana, baik itu gedung, dan sebagainya. Serta melalui sarana IT seperti internet” kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Prof. Dedi Nursyamsi, di ruang kerja Bupati Lobar, saat melakukan kunjungan ke Lombok Barat, Rabu (21/10/2020).

Karena dirinya menilai kendati dalam situasi pandemi covid-19 ini, para petani memiliki semangat yang tidak pernah surut. Dan justru tetap meningkatkan produktifitas pertanian.

“Oleh karena itu, peningkatan SDM pertanian dan penyuluhan harus tetap kita tingkatkan” imbuhnya.

Menyambut baik program tersebut, Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, menyebut hal tersebut dapat menjadi langkah untuk meningkatkan progresivitas pertanian di Lombok Barat.

“Sebesar apapun SDM yang kita miliki, tapi kalau kualitas SDM nya tidak ditingkatkan, maka tidak bisa meningkatkan produk yang berkualitas juga” ujar Fauzan.

Sehingga adanya perhatian yang diberikan pemerintah pusat melalui program tersebut diapresiasi oleh Bupati Lombok Barat ini.

“Kita akan tindaklanjuti program ini, dan insyaallah akan kita jadikan sebagai program prioritas di pemerintah daerah Lombok Barat” tandasnya.

Di lokasi yang sama, Kepala dinas pertanian (Distan) Lobar, H. Muhur Zhori, memanfaatkan kesempatan tersebut juga sekaligus sebagai ajang untuk melaunching dua badan penyuluhan pertanian di kabupaten Lombok Barat.

“Untuk awal ini, kita tunjuk Kuripan sebagai perwakilan dari Lobar bagian selatan dan Lingsar sebagai perwakilan Lobar bagian Utara” pungkasnya.