30.5 C
Mataram
Senin, 22 April 2024
BerandaBerita UtamaMajelis Adat Sasak Harus Berkontribusi untuk Pembangunan Daerah

Majelis Adat Sasak Harus Berkontribusi untuk Pembangunan Daerah

Lombok Barat (Inside Lombok) – Tekad yang kuat untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah dan bersinergi bersama Pemerintah Daerah (Pemda), Pengerakse Majelis Adat Sasak (MAS), H. Lalu Sajim Sastrawan ucapkan terima kasih kepada Pemda Lobar yang telah memfasilitasi pelantikan MAS periode 2022-20227.

Pelantikan yang digelar di Bencingah Agung Kantor Bupati Lobar ini tidak hanya dihadiri warga NTB, namun juga dihadiri perwakilan dari luar daerah seperti Kalimantan dan Jawa.

“Dulu kepengurusan MAS dianggap orangnya itu-itu sajak namun sekarang sudah terbuka untuk semua,” ungkap Lalu Sajim, Kamis (26/01/2023).

Lebih lanjut, ia mengatakan, bahwa Piagam MAS mengingatkan semua pihak untuk tetap saling bersinergi. “MAS menjadi rumah kita bersama, tempat saling mengayomi dan saling menasehati,” jelasnya.

- Advertisement -

Bahkan, dia berharap agar MAS bisa berkontribusi untuk daerah, bahkan berkontribusi secara nasional. Karena kata dia, Bangsa Sasak harus memiliki gerakan untuk menjadi lebih kuat. Karena selama ini dinilai kurang memiliki kontribusi langsung dalam membangun Bangsa Sasak itu sendiri.

Sehingga ke depannya, dia menyebut, harus ada sinergi yang kuat antara pemerintah daerah dengan Majelis Adat Sasak. “Bentuknya apa? Bersama-sama kita lihat persoalan Bangsa Sasak ini. Maka bersama-sama kita programkan untuk menyelesaikannya,” harap Sajim.

Sementara itu, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid mengutarakan rasa bangga dan terimakasih kepada MAS yang telah mengajak Pemda Lobar dalam acara pelantikan tersebut.

Dia mengaku pemda akan sangat terbuka apabila MAS ikut berkontribusi untuk pembangunan daerah Gumi Patut Patuh Patju ini.

“Nantinya MAS tidak hanya berkontribusi kepada Pemda, namun juga bisa berkontribusi kepada masyarakat luas. Tak lupa saya atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan selamat atas kepengurusan MAS yang dilantik,” ungkapnya.

Senada juga dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Sekda NTB) Lalu Gita Aryadi mengatakan, usai digelarnya pelantikan tersebut, agar kepengurusan MAS yang baru harus melakukan konsolidasi internal. Untuk bersama-sama menguatkan MAS yang lebih baik dan tetap melakukan silaturahmi dengan kepengurusan MAS yang lama.

“MAS nantinya bisa berkontribusi untuk NTB bahkan Nasional dan memberi kontribusi kepada saudara-saudara kita (orang Sasak) yang ada diluar daerah, ” ungkapnya.

Tak hanya itu, dia menilai MAS juga harus ikut berkontribusi untuk kemajuan daerah NTB, yang bisa dimulai dengan bersilaturahmi dengan pemangku jabatan yang ada di provinsi maupun di daerah.

“MAS nantinya bisa membantu promosi budaya Sasak sehingga bisa tersebar di seluruh Nusantara. Adalah tugas MAS untuk menjembatani saudara-saudara kita yang ada di luar daerah agar bangga menjadi orang Sasak,” pungkasnya. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer