Manajemen PUBG Blokir 30.000 Akun Curang Saat Pertandingan, Begini Triknya

517

Mataram (Inside Lombok) – Game PUBG telah merilis peta baru Vikendin yang bisa digunakan pengguna iOS dan Android. Bersamaan dengan ini, fitur anti-cheat dan report juga diluncurkan.

Pihak PUBG juga berhasil memblokir sebanyak 30.000 akun yang terbukti telah menggunakan kode cheat saat permainan berlangsung.

Bahkan 16 akun di antaranya yang merupakan pemain pro juga ikut terblokir. Beberapa akun milik pemain pro tersebut yakni Pepaya, TEXQS, PlayerJones, Cageman, Sezk0, Houlow, Kragen, dan lainnya.

Berdasarkan informasi dari NDTV pada Selasa (01/01/2019), pihak PUGB menyediakan serangkaian cara untuk antisipasi kode cheat dengan memnggunakan software Battleye.

Battleye merupakan perangkat lunak dengan tujuan bisa mendeteksi kecurangan pemain untuk melakukan cheat yang menggunakan software tertentu. Selain itu, Battleye juga bisa membobol keamanan gim.

Kecurangan yang sering dilakukan akun pemain tersebut dengan software yang digunakan adalah dapat mengetahui posisi para pemain lain selama permainan berlangsung.

Cara tersebut memang diakui sulit untuk dideteksi karena menggunakan VPN pada saat kirim dan terima data dari server.

Sementara itu, ketika pihak PUBG melaksanakan aksi sapu bersih akun curang dengan melakukan sweeping juga pada bulan Juni 2018 lalu, sehingga banyak pemain yang ketahuan.

PUBG ini adalah mobile game yang bisa melibatkan 100 pemain secara bersamaan dengan genre battle royale. Permainan diawali saat pemain secara virtual melompat dari pesawat terjun menuju area pertandingan yang mengharuskan pemain untuk bertahan hidup.