Marc Marquez dan 23 Pembalap MotoGP Akan Jajal Sirkuit Mandalika Pekan Depan

161

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Setelah Sepang, MotoGP Official Test atau tes pra-musim untuk seri balap MotoGP akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, 11-13 Februari mendatang. Sebanyak 24 pembalap dari 12 tim MotoGP dipastikan siap tampil di Sirkuit Mandalika.

“Kepastian ini diperoleh dari International Road racing Team Association atau Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA),” ujar Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria akhir pekan ini.

Di antara ke-24 pembalap yang dipastikan hadir tersebut, terdapat sejumlah nama pembalap MotoGP terbaik. Antara lain juara MotoGP 2021 Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP, Marc Marquez dari Repsol Honda Team Francesco Bagnaia dan Jack Miller dari Ducati Lenovo Team.

Kemudian Joan Mir dari Team Suzuki Ecstar, Johann Zarco dari Pramac Racing, hingga Brad Binder dari Red Bull KTM Factory Racing. Tujuh orang pembalap ini merupakan pembalap dengan tujuh poin tertinggi selama musim MotoGP 2021 lalu.

MotoGP Official Test di Sirkuit Mandalika terdiri dari sesi tes dan latihan selama tiga hari. Seluruh pembalap ini akan mengikuti MotoGP Official Test yang dijadwalkan mulai pukul 10.00 – 17.45 WITA untuk sesi test, kemudian akan dilanjutkan dengan sesi latihan oleh para pembalap selama 15 menit hingga pukul 18.00 WITA.

“Kami sangat antusias dalam menyambut 24 pembalap yang akan mencoba lintasan Sirkuit Mandalika di 11-13 Februari mendatang. Apalagi terdapat nama-nama pembalap terbaik MotoGP diantara 24 pembalap yang hadir tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama, mayoritas masyarakat Indonesia adalah pecinta motor sehingga, MotoGP Official Test ini adalah momen yang sangat kami tunggu-tunggu,” ujarnya.

Selain itu, Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit baru yang belum dikenal oleh pembalap MotoGP. Sehingga official test ini sangat penting bagi pembalap dan kru tim untuk mengenal karakteristik sirkuit ini sebelum sesi race di Pertamina Mandalika Circuit pada Maret mendatang.

Pihaknya berharap semua pembalap dan kru tim memaksimalkan official test ini dan mendapatkan pengalaman yang terbaik di sirkuit Mandalika. Dia juga menjelaskan, selama official test berlangsung, para pembalap beserta kru akan mengikuti kebijakan skema travel bubble, artinya mereka akan berkegiatan pada wilayah yang dibatasi dengan durasi waktu yang ditentukan.

Skema travel bubble ini juga sudah dikoordinasikan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan dan Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 dan akan dipantau secara ketat. Para pembalap beserta kru juga akan menjalankan tes PCR 2×24 jam secara berkala sebelum diputuskan dapat berkegiatan di area Sirkuit atau tidak.

“Kami berupaya untuk tetap melaksanakan kegiatan ini dengan baik tanpa melanggar ketentuan-ketentuan yang sudah diatur oleh pemerintah Indonesia untuk mencegah kemungkinan transmisi penyebaran COVID-19 di negeri kita ini. Kami berharap semua berjalan lancar dan kita semakin siap dalam menggelar race MotoGP pada Maret 2022 mendatang,” tutup Andhi. (irs)