Morel Rinjani, Jamur Anti Kanker Ini Hanya Ada di Gunung Rinjani?

Jamur Morel yang tumbuh di Gunung Rinjani (Sumber: @gunungrinjani_nationalpark)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Jamur Morel Rinjani (Morchella crassipe) merupakan salah satu spesies jamur tropis langka dengan harga jual tinggi, yakni mencapai Rp6 juta per kilogram. Jamur jenis Morel ini telah ditemukan jauh sebelumnya oleh Tim TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani) pada tahun 2009. Bahkan ia disebut-sebut sebagai obat anti kanker.

Berdasarkan hasil uji DNA yang dilakukan oleh Tim TNGR dan Tim Peneliti dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan Bogor menunjukkan bahwa morel spesies Morchella crassipe ini merupakan satu-satunya morel yang pertama kali ditemukan di hutan tropis Indonesia.

Sementara itu, hasil uji fitokimia membuktikan bahwa jamur morel mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa berperan sebagai anti kanker. Morchella crassipe juga mengandung karbohidrat, protein, serat, mineral, seluruh vitamin penting, dan senyawa aromatik.

Sesuai rencana, jika seluruh penelitian sudah berhasil dikaji, maka pihak TNGR akan budidayakan morel di Gunung Rinjani. Bahkan perlindungan terhadap sumberdaya genetik Jamur Morel dalam bentuk Hak Paten Jamur Morel kawasan TNGR akan ditetapkan.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Sudiyono, mengungkapkan bahwa rencana pembudidayaan Morchella crassipe saat ini belum sepenuhnya dilakukan karena masih dalam proses permulaan.

“Belum sampai ke sana, masih tahap awal,” ujar Kepala Balai TNGR Sudiyono kepada Inside Lombok, Jumat (08/02/2019).

Bersamaan dengan pernyataan tersebut, Sudiyono menanggapi tentang personel keamanan yang akan dikerahkan oleh TNGR dalam mengantisipasi apabila sewaktu-waktu keberadaan Morel Rinjani terancam, mengingat manfaat dan nilai jual jamur ini sangat tinggi.

“Prinsipnya seluruh unsur yang ada di TNGR baik biotik ataupun abiotik adalah dilindungi. Jadi pemanfaatannya juga harus diatur,” tegasnya.

Morchella crassipe ini biasa hidup di tanah atau di batu kapur. Jamur morel memiliki ciri seperti tangkai berwarna putih pucat dan batangnya berbentuk silinder dengan bagian bawah lebih besar yang akan berongga apabila sudah matang.

Bagian spora berwarna kuning dengan bentuk elips lebar serta memiliki tekstur yang halus. Tubuh buahnya tebal dan ada sebagian yang tampak berwarna kuning kecoklatan, kuning langsat serta coklat gelap. Secara keseluruhan, Morchella spp berukuran sekitar 6,5 hingga 18 sentimeter.