Pemkot-Forkopimda Pastikan Agenda Akhir Tahun Terapkan Prokes

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan pembahasan terkait sejumlah agenda besar di akhir tahun 2020, guna memastikan kegiatan tersebut menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

“Dalam waktu dekat ini kami rapat dengan Forkopimda terkait dengan beberapa agenda besar di akhir tahun 2020, termasuk perayaan malam Tahun Baru 2021,” kata Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh di Mataram, Selasa.

Menurutnya, beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada akhir tahun ini, antara lain Pilkada 9 Desember, Perayaan Natal, Tahun Baru 2021 dan rencana dimulainya proses belajar mengajar (PBM) tatap muka bulan Januari 2021.

“Agenda-agenda itu, harus segera kita bahas agar dalam pelaksanaannya masyarakat tetap bisa disiplin menerapkan protokol COVID-19, melalui gerakan 3M (masker, mencuci tangan dan menjaga jarak),” katanya.

Terutama, kata wali kota, untuk agenda yang mendesak saat ini adalah bagaimana mempersiapkan pelaksanaan Pilkada agar sukses, aman, terkendali, kondusif, dan disiplin COVID-19.

“Untuk memastikan hal itu, kami juga segera berkoordinasi dengan KPU guna memastikan bagaimana persiapan disiplin protokol COVID-19 pada setiap tempat pemungutan suara (TPS),” katanya.

Setelah agenda Pilkada, lanjut wali kota, agenda lainnya yang perlu diantisipasi adalah Perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021. Dua perayaan besar tersebut memerlukan pengawasan intensif, selain keamanan juga disiplin protokol COVID-19.

“Kita tidak ingin kondisi perkembangan COVID-19 di Mataram yang saat ini sudah sangat landai, kembali terjadi peningkatan akibat masyarakat tidak disiplin terhadap protokol COVID-19,” ujarnya.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan pembahasan adalah persiapan pelaksanaan PBM tatap muka di sekolah.

“Untuk membuka sekolah, juga perlu persiapan maksimal termasuk memastikan sekolah menyiapkan fasilitas pencegahan COVID-19,” kata wali kota. (Ant)