Pemprov NTB-PLN Sepakat Mengembangkan Sepeda Listrik Matric-B

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (kiri), dan General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran, menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang Penelitian dan Pengembangan Teknologi Sepeda Listrik Matric-B, di Mataram, Jumat, (23/10/2020). Inside Lombok/ANTARA/Awaludin

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat bersama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menjalin kesepakatan untuk melakukan penelitian dan pengembangan teknologi Sepeda Listrik Bima Electric Bicycle (Matric-B).

Kesepakatan tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) tentang Penelitian dan Pengembangan Teknologi Matric-B yang ditandatangani oleh Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, dan General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran, di Mataram, Jumat.

“Terima kasih atas dukungan dari Pemprov NTB sehingga MoU dan juga perjanjian kerja sama (PKS), sebagai langkah awal pengembangan industri di NTB dapat ditandatangani,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasiran.

Tak hanya itu, kata dia, tujuan penandatanganan MoU juga merupakan bentuk dukungan PLN dalam program strategis industrialisasi.

Hal tersebut dikarenakan, ke depan, proses produksi dari Matric-B akan melibatkan sektor industri skala menengah, terutama yang berlokasi di Bima.

Lasiran menjelaskan Matric-B merupakan sepeda listrik karya inovasi PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bima yang proses produksinya telah dimulai sejak 2019.

“Kami berharap, MoU maupun PKS yang telah ditandatangani pada hari ini, dapat menjadi satu awal yang baik, terutama bagi teman teman IKM/UMKM. Sinergi antara PLN dan Pemprov NTB semakin baik, untuk mewujudkan Nusa Terang Benderang,” kata Lasiran.

Gubernur NTB  Zulkeflimansyah, juga mengapresiasi PLN atas dukungan terhadap program industrialisasi di NTB.

“Setiap usaha pasti membutuhkan langkah pertama, dan di mana ada niat pasti ada jalan. Tentunya ini adalah salah satu pembuktian, bahwa putra-putri NTB memilik kemampuan untuk bersaing dengan daerah lain,” ujarnya.

Gubernur yang akrab disapa Doktor Zul itu juga menegaskan jika PLN sudah pesan 15 unit sepeda listrik Matric-B, nanti Pemprov NTB juga akan pesan 35 unit.

“Sehingga total 50 unit bisa siap saat Hari Ulang Tahun Provinsi NTB pada 17 Desember 2020 nanti,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Manager PLN UP3 Bima, Maman Sulaeman, dan Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti, juga melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama sebagai tindak lanjut dari MoU antara Pemprov NTB dengan PLN, yang berisi teknis pelaksanaan kerja sama pengembangan Matric-B di NTB.

Selain itu, diserahkan pula bantuan tanggung jawab sosial perusahaan berupa peralatan pendukung produksi sepeda listrik sebesar Rp51,5 juta sekaligus pemesanan langsung 15 unit sepeda listrik Matric-B oleh PLN kepada IKM binaan Dinas Perindustrian NTB di Bima, senilai Rp288,48 juta. (Ant)