27.5 C
Mataram
Rabu, 24 April 2024
BerandaBerita UtamaPengemis di Lotim Diduga Banyak dari Luar Daerah, Satpol PP Lakukan Pendataan...

Pengemis di Lotim Diduga Banyak dari Luar Daerah, Satpol PP Lakukan Pendataan Identitas

Lombok Timur (Inside Lombok) – Satpol PP Lombok Timur (Lotim) lakukan pendataan terhadap para gelandangan dan pengemis (gepeng) untuk memastikan identitasnya. Mengingat beberapa minggu lalu keberadaan para gepeng mulai marak.

Kasat Pol PP Lotim, Slamet Alimin mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan terhadap para gepeng yang mereka temui. Nantinya jika data sudah terkumpul maka akan diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Lotim.

“Nanti data ini akan kami kirim ke Dinsos, nantinya jika ada pengemis dari luar daerah yang kami temui maka Dinsos akan teruskan langsung ke provinsi,” tuturnya pada Inside Lombok, Kamis (26/01).

Adapun sampai saat ini pihak Satpol PP terus melakukan penelusuran terhadap keberadaan para gepeng. Namun dikatakannya beberapa hari terakhir keberadaan gepeng di beberapa lokasi yang menjadi sarangnya mulai tak terlihat lagi.

- Advertisement -

“Kita sudah lakukan pendataan dan mengidentifikasi identitas beberapa gepeng. Namun beberapa hari terakhir sudah tidak terlihat lagi kemunculan para gepeng,” katanya.

Para gepeng yang telah dilakukan identifikasi akan diserahkan ke Dinsos Lotim dan akan dilakukan koordinasi, apakah akan dikembalikan ke keluarganya ataukah akan dilakukan pendampingan.

Sementara untuk gepeng yang berada di sekitar pelabuhan dilakukan proses yang sama dengan gepeng di lokasi lain, yakni dengan melakukan pendataan apakah gepeng yang masuk ke Lotim dari luar daerah atau sebaliknya.

“Kita akan lakukan pendataan apakah gepeng ini pendatang atau sebaliknya, kita juga sudah temui gepeng yang berasal dari luar daerah,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer