Pohon Tumbang di Loteng Tutup Akses Jalan

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Curah hujan di wilayah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) sudah mulai meningkat sejak beberapa hari terakhir.

Hal itu mengakibatkan beberapa pohon tumbang. Seperti yang terjadi jalan By Pass BIL, Rabu (04/11/20) kemarin.

Kasat Sabhara Polres Lombok Tengah Iptu Amrozi Humaidi mengatakan, pada saat personil sedang melaksanakan patroli dan melintas di Jalan Raya Bay Pass, petugas menemukan pohon tumbang akibat diterjang hujan deras.

Kemudian personil melakukan evakuasi terhadap pohon tersebut bersama warga sekitar agar tidak menggangu arus lalu lintas.

‚ÄúPohon yang tumbang ini sempat menganggu kelancaran lalu lintas di jalan Bay Pass”,katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Loteng dalam kesempatan yang berbeda mengatakan, pihaknya tidak melakukan penebangan untuk mengantisipasi adanya pohon tumbang.

Hal itu karena keterbatasan personil untuk melakukan penebangan pohon.

“Jadi kami tidak punya program khusus menebang pohon di jalur tertentu. Kalau ada laporan yang diperkirakan akan tumbang baru turun”,katanya.

Pohon yang dilaporkan pun akan dilihat dulu apakah masih bisa bertahan lama atau tidak. Kalau pohon diperkirakan tidak akan membahayakan maka akan dipangkas saja.

“Penebangan pohon adalah opsi terakhir kami kalau itu membahayakan masyarakat. Kasihan juga kalau pohon ditebang”, ujarnya.

Sejauh ini, sudah ada beberapa pohon yang dipangkas dahannya oleh petugas dari Dinas Perkim atas dasar laporan masyarakat.

“Kalau pohon-pohon di jalur By Pass BIL itu tidak menjadi kewenangan kami. Itu milik provinsi”, ujarnya.