Polresta Mataram Cek Kelaikan Angkutan Mudik, Ingatkan Sopir Jangan Sampai Kelelahan

97
Pengecekan angkutan mudik oleh Satlantar Polresta Mataram dan tim gabungan (Inside Lombok/ist)

Mataram (Inside Lombok) – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Mataram melakukan pengecekan kelaikan sarana angkutan umum lebaran 2022 di Terminal Bus Mandalika dan Pull Damri Mataram, Jumat (22/04/2022).

Kapolresta Mataram melalui Kasat Lantas, Kompol Bowo Tri Handoko menerangkan secara umum kendaraan yang akan dimanfaatkan oleh para pemudik, baik yang ada di Terminal
Mandalika maupun perusahaan angkutan lainnya dalam kondisi normal.

“Secara teknis bagus, alat-alat pelengkap seperti rem, sein, klakson dan lainnya berfungsi baik termasuk surat-surat kelengkapan kendaraannya,” ujar Bowo.

Di sisi lain, pihaknya mewanti-wanti agar para sopir dan penumpang mencari tempat peristirahatan di sepanjang jalur mudik, demi keselamatan dan kenyamanan. “Pemudik juga bisa mengingatkan sopir, bila sudah terlihat lelah untuk istirahat,” jelasnya.

Cek kelaikan dilakukan untuk memastikan keamanan angkutan umum yang akan digunakan dalam kondisi siap pakai dan laik. Selain itu, dilakukan juga sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) kepada penumpang bus pagi.

“Pengecekan tersebut meliputi cek rem, cek ban dan lain-lain untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas, dan sekaligus memberikan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) kepada penumpang yang melakukan perjalanan, ” ucap Bowo

Dalam kegiatan ini melibatkan Unit Gakkum dan Unit Kamseltibcar Sat Lantas Polresta Mataram bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Mataram. “Hal ini dilakukan karena pandemi Covid-19 pada dua tahun lalu ada larangan mudik, sehingga diperkirakan tahun ini terjadi kenaikan jumlah pemudik yang sangat signifikan,” tandasnya. (r)