Provinsi NTB Raih Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2020

49
Gubernur NTB menerima penghargaan APE tahun 2020 dari Pemerintah Pusat. (Inside Lombok/Istimewa)

Mataram (Inside Lombok) – Tepat Tiga tahun kepemimpinan Gubernur, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah. Pemerintah Provinsi NTB meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 dari pemerintah pusat.

Anugerah Parahita Ekapraya merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas komitmen dan peran Kementerian/Lembaga, dan pemerintah daerah yang telah berupaya melaksanakan Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak (PPPA) dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi Pengarus Utamaan Gender (PUG).

Kepala Dinas DP3AP2KB Provinsi NTB, Ir. Hj. Husnanidiaty Nurdin mengatakan, penghargaan ini merupakan komitmen pemerintah Provinsi NTB melalui peran sejumlah OPD terkait dalam menyusun perencanaan yang respon terhadap pengaruh utamaan gender. Termasuk menyusun anggaran PUG yang dilakukan oleh dinas dinas terkait.

“Anugerah ini sekaligus sebagai kado tiga tahun kepemimpinan pak gubernur dan ibu wagub. Sehingga penyusunan rencanan kesetaraan gender sudah mencapai 100 persen di semua dinas,” ungkapnya di Mataram, Rabu (22/09).

Mantan Kepala Dispora NTB tersebut menjelaskan, anugerah APE diberikan kepada NTB yang dinilai dari tujuh komponen penting di antaranya yaitu Komitmen (perda/pergub PUG), Kebijakan (RPJMD, Renstra OPD) dan Kelembagaan (pokja PUG dan Focal Point). Selain itu juga SDM dan Anggaran Responsif Gender, Alat Analisis Gender ( GAB dan GBS), Data Gender ( Data Terpilah terkait NTB Satu Data) dan Parisipasi Masyarakat ( melalui PUSPA).

“Penghargaan APE yang diraih oleh Provinsi NTB tahun 2020 masuk sebagai kategori Pratama dan kedepannya akan terus ditingkatkan dari berbagai indikator penting penilaiannya,” tambahnya.