Medali Emas Pertama untuk NTB dari Cabor Panjat Tebing

210
Anggun Yolanda (kanan), Ade Irma Suryani (dua dari kanan), Ayu Fatullah (dua dari kiri), Nurul Iqamah (kiri). (Inside Lombok/Istimewa)

Mataram (Inside Lombok) – Atlet panjat tebing berhasil menyumbang medali pertama untuk NTB dengan kategori boulder putri. Keempat atlet tersebut yiatu Nurul Iqamah, Anggun Yolanda, Ayu Fatullah dan Ade Irma Suryani.

Sekretaris Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Provinsi NTB, I Putu Yudistira Kamis (30/9) merincikan asal empat altet putri yang mendapatkan medali emas pada cabor panjat tebing yaitu Nurul Iqamah dari Kota Bima dan Ayu Fatullah dari Kota Bima. Dua atlet lainnya yaitu Anggun Yolanda dari Kabupaten Lombok Tengah dan Ade Irma Suryani dari Kota Mataram.

Medali emas untuk cabang olahraga panjat tebing baru pertama kali diraih setelah beberapa kali mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON). Di mana, empat tahun lalu sudah memdapatkan medali perunggu di Jawa Barat.

“Medali emas di kategori Boulder putri di cabang panjat tebing menjadi awal dari 14 kategori yang diikuti oleh atlet panjat tebing. Karena ada sembilan yang atlet panjet tebing NTB terdiri dari lima laki-laki dan empat perempuan,” kata Yudi.

Prestasi yang diraih ini karena latihan yang dilakukan oleh para atlet cukup disiplin. Selain itu, fasilitas panjat tebing yang dimiliki saat ini sudah cukup memadai. Sehingga hal ini menjadi salah satu penunjang keberhasilan para atlet untuk memperoleh medali emas.

“Setahun setengah lah mereka digembleng di Pelatda. Prestasi itu tidak ada yang instan. Kita baru punya wall climbing yang lengkap itu beberapa tahun terakhir. Sehingga pembinaan itu bisa lebih baik dan diselenggarakan di Gelanggan Pemuda,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kontingen NTB, H. Mori Hanafi mengucapkan terima kasih atas prestasi yang diraih oleh empat atlet putri panjat tebing NTB. Medali yang diperoleh merupakan awal yang sangat baik untuk cabang olahraga panjat tebing.

“Kita bisa meraih medali emas dengan mengalahkan tim squad Jawa Timur dan Tim Squad Jawa Barat. Alhamdulilah,” ucapnya syukur.

Setelah medali emas diraih oleh panjat tebing kategori boulder, selanjutnya medali yang sama diharapkan bisa diraih oleh tim futsal. Tim Futsal NTB akan bertanding di babak semifinal dan Mori sangat yakin tim dari NTB akan masuk babak semi final.

“Ya mudah-mudahan medali emas,” harapnya.

Selain di futsal dan panjat tebing, beberapa cabor lainnya yang ditargetkan akan mendapatkan medali emas yaitu tinju. Namun saat ini cabor tinju belum mulai pertandingan. “Kan tinju ini belum bertanding. Kita yakin ditinju kita akan mendulang emas,” ungkapnya optimis.

Terkait kondisi kesehatan para atlet saat ini dipastikan dalam kondisi baik. Ia mengharapkan masyarakat NTB mendoakan para atlet tetap sehat selama pertandingan.

“Alhamdulilah dalam kondisi baik dan siap tempur dan sekarang kita masih menunggu pertandingan,” katanya.