Pucuk Pimpinan Polresta Mataram Berganti

Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana (kanan) menyaksikan penandatanganan surat serah terima jabatan Kapolresta Mataram dari pejabat lama AKBP H Saiful Alam (kiri) kepada pejabat baru, AKBP Guntur Herditrianto (kedua kiri) di Mapolda NTB, Jumat (22/11/2019). (Inside Lombok/ANTARA/Dhimas BP)

Mataram (Inside Lombok) – Pucuk pimpinan Kepolisian Resor Kota (Polresta) Mataram, Nusa Tenggara Barat, resmi berganti dari pejabat lama AKBP H Saiful Alam kepada pejabat baru AKBP Guntur Herditrianto.

Pergantian jabatan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Kapolri Nomor: Skep/2177/XI/2019.

Berdasarkan SK Kapolri yang terbit pada 7 November 2019 itu, Polda NTB menggelar acara serah terima jabatan Kapolresta Mataram di Lobi Mapolda NTB, Jumat.

Acara serah terima jabatan Kapolresta Mataram dipimpin oleh Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana.

Dalam arahannya, Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana, menyampaikan serah terima jabatan ini adalah hal yang biasa dan merupakan kebutuhan organisasi.

Khusus untuk Kota Mataram, pergantian pejabat merupakan kebutuhan dasar bagi satuan wilayah (satwil) yang baru naik tipe dari Polres Mataram menjadi Polresta Mataram.

“Penggantian pejabat seperti ini merupakan salah satu program Kapolri yaitu penataan kelembagaan di lingkungan Polri yang harus menyesuaikan dengan peningkatan Pemerintah Kota Mataram,” kata Kapolda NTB.

Lebih lanjut, Nana mengatakan pejabat Kapolresta Mataram nantinya tidak lagi dijabat oleh perwira menengah (pamen) berpangkat ajun komisaris besar polisi (AKBP), melainkan akan naik satu tingkat, menjadi komisaris besar (Kombes).

“Polresta Mataram nanti akan dijabat oleh pamen berpangkat Kombes sehingga ini perlu penyesuaian,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Nana mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama, AKBP H Saiful Alam yang telah menunjukkan prestasi bagus dan melaksanakan tugas dengan baik. Namun dia berharap, Saiful Alam dapat lebih baik lagi dalam jabatan barunya sebagai Wadir Pamobvit Polda Jawa Timur.

Sedangkan untuk AKBP Guntur Hendritrianto yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbid Sespimma Bidbingadik Sespim Lemdik Polri, Nana berharap dapat segera menyesuaikan dengan lingkungan kerja yang baru dan menjalin koordinasi yang baik dengan Forkopinda Kota Mataram.

Lebih khususnya, kata Nana, dalam mengelola situasi kamtibmas agar semakin kondusif dan dapat meningkatkan berbagai bentuk pelayanan kepada masyarakat. (Ant)