Puluhan Rumah di Dusun Batu Basong Rusak Dilanda Angin Puting Beliung

Atap rumah warga yang roboh akibat hujan deras disertai angin puting beliung di Desa Suntalangu, Suela (02/01/2021/TRC-PB BPBD Lotim).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Puluhan rumah warga di Dusun Batu Basong, Desa Suntalangu, Kecamatan Suela, Kabupaten Lotim, rusak diterjang angin puting beliung yang disertai dengan hujan deras pada Senin (01/02/2021) kemarin. Beruntungnya pada kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim iwan Setiawan mengatakan adanya cuaca ekstrim yang melanda sebagian wilayah Lotim berupa angin kencang disertai hujan lebat dan petir. Itu mengakibatkan satu dusun di wilayah Suela diterjang oleh angin puting beliung pada pukul 14.30 kemarin.

“Kebetulan pada saat itu hujan deras disertai angin kencang, jadinya warga berlindung di dalam rumah. Akan tetapi angin kencang menerbangkan atap rumah mereka dan berhamburan ke luar rumah,” ucapnya kepada Inside Lombok melalui WhatsApp, Selasa (02/03/2021).

Mendapat informasi kejadian tersebut, Tim Reaksi Cepat dan Penanggulangan Bencana (TRC-PB) langsung menuju lokasi untuk memastikan kejadian tersebut dan melakukan assesment.

“Sebanyak kurang lebih 50 unit atap rumah warga rusak dan satu orang luka-luka,”katanya.

Diperkirakan akibat peristiwa tersebut, kerugian yang ditimbulkan mencapai ratusan juta rupiah. Iwan mengingatkan bahwa cuaca ekstrem disertai hujan dan angin kencang dengan intensitas tinggi masih akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan.

Iwan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana yang dapat ditimbulkan yaitu bencana banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung serta dampak lainnya berupa sambaran petir dan pohon tumbang.