Revitalisasi Taman Loang Baloq Ditargetkan Selesai Tahun Ini dengan Anggaran Rp11 Miliar

Mataram (Inside Lombok) – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram akan melakukan proyek revitalisasi dan penataan Taman Wisata Loang Baloq (TWLB) yang ada di Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela.

Kepala Dispar Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi mengatakan, untuk merealisasikan proyek tersebut, Dispar Kota Mataram mendapat kucuran anggaran Rp11 miliar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Tahun ini kita (Dispar) diberikan anggaran oleh pusat sebesar Rp11 miliar untuk proyek revitalisasi dan penataan TWLB ini,” katanya, Rabu (14/4/2021).

Dengan anggaran sebanyak itu, Dispar Kota Mataram rencananya akan melakukan penataan dan membangun beberapa fasilitas sesuai arahan dari Kemenparekraf. Termasuk di antaranya menara pemantau, gazebo, taman bermain, toilet, panggung pagelaran seni, dan lain sebagainya.

“Kita berharap dengan segala fasilitas tersebut TWLB dapat kembali menjadi daya tarik masyarakat,” katanya.

Terkait kapan pengerjaannya akan dimulai, pihaknya belum dapat memastikan. Karena saat ini proyek revitalisasi dan penataan TWLB saat ini masih dalam proses persiapan tender.

“Kemarin saya dapat laporan bahwa dalam minggu ini sudah mulai penghitungan standar harganya. Setelah semuanya rampung baru nanti kita masuk ke proses lelang perencanaan,” imbuhnya.

Meskipun demikian, Denny menargetkan proyek revitalisasi dan penataan TWLB dapat selesai tepat waktu.

“Kita targetkan akhir tahun ini sudah selesai,” terangnya.

Sebelumnya, Dispar Kota Mataram telah melaksanakan pembangunan tahap I yang berupa pembangunan sentra kuliner ikan di kawasan TWLB. Sekitar 25 lapak kuliner dibangun untuk menunjang aktivitas perekonomian di sekitar Taman Wisata Loang Baloq.