Satgas Covid-19 Ingatkan Perayaan Imlek Patuhi Prokes

Mataram (Inside Lombok) – Satuan Tugas COVID-19 Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengingatkan agar perayaan Tahun Baru Imlek 2572/2021, tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

“Silakan umat Khonghucu rayakan tahun baru, tapi tetap dengan prokes 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilisasi dan menghindari kerumunan,” kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Mataram I Nyoman Swandiasa di Mataram, Kamis.

Untuk pengawasan, katanya, Satgas COVID-19 melalui kecamatan dan kelurahan akan melakukan pengawasan secara paralel terutama pada lokasi pusat perayaan seperti di Wihara Ampenan dan Selagalas.

“Satgas tentunya akan memastikan penerapan prokes COVID-19 dan kapasitas lokasi acara harus 50 persen dari kapasitas normal,” katanya.

Sementara Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram Lalu Martawang menambahkan, dalam merayakan tahun baru Imlek 2572/2021
umat Khonghucu sudah kooperatif.

“Sesuai dengan surat edaran yang kami terima yang ditujukan juga ke Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama NTB, umat Khonghucu berkomitmen memperhatikan himbauan pemerintah terkait dengan pencegahan penyebaran COVID-19,” katanya.

Oleh karena itu, umat Khonghucu akan melaksanakan sembahyang kepada Tuhan YME di rumah masing-masing. Sedangkan untuk kegiatan kebhaktian bersama umat Khonghucu dilaksanakan virtual dan perwakilan pengurus saja.

“Doa bersama untuk Indonesia segera terbebas dari COVID-19 dan silaturahmi dilaksanakan via virtual dan media elektronik. Ucapan selamat dan kegiatan barongsae ditiadakan,” katanya. (Ant)