26.5 C
Mataram
Senin, 15 Juli 2024
BerandaBerita UtamaTerperosok ke Jurang Bukit Anak Dara, Turis Mancanegara Meninggal Dunia

Terperosok ke Jurang Bukit Anak Dara, Turis Mancanegara Meninggal Dunia

Lombok Timur (Inside Lombok) – Seorang turis mancanegara atas nama Melanie Bohner asal Swis terjatuh ke jurang saat mendaki menuju puncak Bukit Anak Dara, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur (Lotim). Peristiwa tersebut dilaporkan oleh salah satu anggota SAR Unit Lotim, Sabtu (1/6) sore kemarin.

“Saat itu juga kami berangkatkan tim dari Kantor SAR Mataram dan Pos SAR Kayangan untuk membantu evakuasi,” terang Kepala Kantor SAR Mataram, Lalu Wahyu Efendi, Minggu (2/6).

Diungkapkan, Melanie diduga melakukan pendakian seorang diri, lantaran tidak ada saksi mata yang melihat saat korban terjatuh. Kondisi Melanie yang sudah berada di jurang pertama kali dilihat oleh pihak Kawasan Pengelolaan Hutan (KPH) setempat. Korban tergeletak di tebing jurang, sekitar 100 meter dari jalur pendakian.

Lantaran tempat jatuhnya, proses evakuasi pun memakan waktu sekitar 7-8 jam, sejak sore hingga dini hari lantaran terkendala medan yang terjal. “Jenazah telah diserahkan ke pihak ambulan pukul 01.26 Wita, kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara,” ungkap Wahyu.

- Advertisement -

Proses evakuasi pun melibatkan unsur dari Unit SAR Lotim, Damkar, TNI, Polri, Puskesmas Sembalun, Pengelola Wisata Bukit Anak Dara, warga setempat, dan pihak terkait lainnya. Adapun peralatan yang digunakan yaitu Rescue Car, mountaineering, dan lain sebagainya. (r)

- Advertisement -

Berita Populer