Tingkatkan Kualitas, BPJS Siapkan Layanan Non Tatap Muka

Sosialisasi peningkatan layanan program JKN – KIS dengan media di Bali, NTB, dan NTT Kamis (7/10). (Inside Lombok/ist)

Mataram (Inside Lombok) –Sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan meluncurkan nomor layanan Care Center 165. BPJS Kesehatan juga telah menyediakan Pelayanan Tatap Muka dan Pelayanan Non Tatap Muka.

“Kita harus semakin meningkatkan komunikasi kepada masyarakat termasuk untuk transisi antara Care Center yang semula 1500400 menjadi 165. Karena itu harus dilakukan oleh BPJS Kesehatan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya kepada para peserta Program JKN-KIS, sehingga apa yang diharapkan dapat dinikmati oleh para peserta,” ujar Deputi Direksi Wilayah Bali, NTT dan NTB, Agung Putu Darma saat sosialisasi inovasi JKN-KIS secara online dan offline, Kamis (7/10).

Agung menambahkan penggunaan nomor layanan masyarakat tiga digit untuk BPJS Kesehatan Care Center memudahkan masyarakat dalam mengingat nomor. Hal ini terlihat dari trend pemanfaatan layanan care center pada tahun 2021 yang mencapai 13 juta lebih.

Sementara pada pelayanan non tatap muka yang disediakan BPJS Kesehatan diantaranya Mobile JKN, Chat Assistant JKN (Chika), Voice Interactive JKN (Vika), Pandawa dan BPJS Kesehatan Care Center.

Optimalisasi pada fitur Mobile JKN dapat menciptakan kebiasaan peserta untuk melakukan layanan tanpa tatap muka dengan mudah dan aman. “Optimalisasi sosialisasi pemanfaatan KIS Digital di FKTP maupun FKRTL, perpindahan FKTP pun dapat dilakukan melalui Mobile JKN dan masih banyak fitur lainnya yang dapat memudahkan peserta,” ujarnya..

Sementara dalam pelayanan Chika, lanjut Agung, dapat mengecek status peserta, mengecek tagihan iuran, mengecek lokasi kantor cabang/faskes, panduan layanan, tutorial Mobile JKN, skrining kesehatan dan layanan Pandawa.

Melalui Pandawa, peserta dapat mengakses pelayanan diantaranya pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, pengaktifan kembali kartu, pindah jenis kepesertaan dari PBI/PPU non aktif menjadi peserta PBPU/Mandiri, perubahan/perbaikan data, perubahan FKTP, pengurangan anggota keluarga, perubahan kelas rawat bagi peserta yang belum membayar iuran pertama.

“Untuk nomor Pandawa khusus wilayah kerja Kantor Cabang Mataram 082339095687. Masyarakat bisa menghubungi nomor itu,” tambahnya.

Layanan yang diluncurkan BPJS Kesehatan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses layanan serta mengakomodir harapan dan memenuhi kebutuhan peserta maupun para pemangku kepentingan. “Kami juga membutuhkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dalam hal bersama-sama mengawal berjalannya Program JKN-KIS dengan baik, agar seluruh peserta mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik demi Indonesia yang lebih sehat,” tutup Agung.