UNIQHBA Sukses Gelar Wisuda Periode November 2022

Wisuda Universitas Qamarul Huda Badaruddin (UNIQHBA) periode November 2022 jenjang Pascasarjana, Sarjana, dan Diploma (Inside Lombok/ist)

Mataram (Inside Lombok) – Universitas Qamarul Huda Badaruddin (UNIQHBA) sukses menyelenggarakan Wisuda Periode November 2022 jenjang Pascasarjana, Sarjana, dan Diploma. Wisuda yang dilaksanakan secara luring pada Selasa (22/11) di Prime Park Hotel and Convention Mataram itu diikuti 246 orang wisudawan yang berasal dari program pascasarjana, sarjana dan diploma Fakultas Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Sains dan Teknologi.

Wisuda dibuka oleh Rektor UNIQHBA, Dr. H. Menap, SKP., M. Kes, dilanjutkan dengan pembacaan SK Rektor tentang Wisuda Program Pascasarjana, Sarjana, dan Diploma Tahun Akademik 2021/2022 Periode November 2022 oleh Kabid Kemahasiswaan, Humas, dan Kerjasama, H. L. M. Ismali, M. Pd. Selanjutnya, acara doa pembukaan Wisuda dipimpin oleh pendiri, pengasuh, dan pembina pondok pesantren qamarul huda bagu, TGH Lalu Muhammad Turmuzi Badaruddin.

Prosesi Wisuda pertama dilakukan dengan pelantikan wisudawan terbaik oleh Rektor UNIQHBA didampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik. Pelantikan dan pengesahan ijazah kepada para wisudawan terbaik masing-masing prodi. Antara lain S2 Administrasi Kesehatan, Yunah Haerani, M. Kes; S1 Keperawatan, Lidya Wardani, S. Kep; S1 Farmasi, Hisrofita Wahyu Putri, S. Farm; D3 Farmasi, Armi Santini, A. Md. Farm; D3 Kebidanan, Nurul Aulia, A. Md. Keb; D3 RMIK, Dewi Safitri, A. Md. RMIK; S1 Matematika, Zema Yuliana Aulia, S. Pd; S1 Bahasa Inggris, Susilawati, M. Pd; S1 Bahasa dan Sastra Indonesia, Ayu Lestari, M. Pd; S1 Teknologi Informasi, Ida Fitriyah, S. Kom; S1 Teknik Sipil, Marzuki, S. T; S1 Ilmu Komputer, Haerul Anwar Ali, S. Kom.

kjg scaled

Prosesi dilanjutkan dengan pelantikan wisudawan oleh Rektor didampingi oleh Dekan dari masing-masing Fakultas pada program studi Pascasarjana, Sarjana, dan Diploma. Acara berikutnya adalah pengukuhan dan angkat sumpah lulusan D3 Farmasi, D3 Kebidanan, dan D3 RMIK, serta pembacaan ikrar dan janji setia wisudawan/wisudawati UNIQHBA dipimpin oleh Jumratul, S. Kom dari Fakultas Sains dan Teknologi yang diikuti oleh seluruh wisudawan yang hadir. Sementara itu, sambutan wakil wisudawan disampaikan oleh Hisrofita Wahyu Putri, S. Farm dari Fakultas Kesehatan.

“Terima kasih yang tidak terhingga kami ucapkan pada kampus tercinta kami UNIQHBA, dan kepada seluruh Dosen atas bimbingan dan ilmu yang telah diberikan, kepada orang tua kami, semoga segala doa dan usaha yang telah dilakukan akan tetap menuntun kami untuk terus menuntut ilmu, tidak hanya sampai disini, namun pada proses dan jenjang yang lebih tinggi lagi. Ini merupakan langkah awal kami untuk menempuh sebuah kehidupan baru,” ungkap Hisrofita dalam pidatonya.

Acara Selanjutnya adalah Sambutan oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc, yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan NTB, Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd.,M.Pd. “Wisuda bukan merupakan puncak, namun awal dari medan perjuangan dalam kehidupan baru, karir, serta dalam menempuh pendidikan selanjutnya. Tidak hanya sebuah nilai dan bebekal ijazah, namun bekal sebenarnya adalah Attitude, knowledge, serta intellectualias kita merupakan bekal yang sebenar-benarnya dalam kehidupan ini. Sebuah kesuksesan tidak akan bisa diraih tanpa kemauan, kemampuan dan kerjakeras” ungkapnya. Pada akhir pidato, ia menyampaikan pesan Gubernur NTB bagi seluruh wisudawan untuk terus meningkatkan wawasan pengetahuan, dan kemampuan yang dimiliki guna menghadapi dan mengimbangi kemajuan Indonesia saat ini, khususnya di daearah NTB.

Wisuda ini juga dihadiri oleh kepala LLDIKTI wilayah VIII, Dr I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T,.M.T, dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa mencetak lulusan tidak hanya membutuhkan Mahasiswa yang pintar akademik saja, namun peran serta dosen dan sivitas akademika kampus mempunyai andil yang sangat besar. Untuk mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi sekarang ini, kampus harus mampu menerapkan kurikulum MBKM. Dengan melaksanakan program-program kampus merdeka, maka skill dan kemampuan Mahasiswa/output serta kemampuan dosen dan karyawan akan lebih baik.

Sambutan selanjutnya oleh Rektor UNIQHBA, Dr. H. Menap, SKP., M. Kes. Dalam lima tahun berdirinya UNIQHBA, telah meluluskan 1.421 orang, dari 12 program studi yang ada. Dalam dua tahun terakhir ini, program Pascasarjana (terakredtasi Baik Sekali) telah meluluskan dua angkatan, selain itu juga UNIQHBA sudah membuka program S1 alih jejang kebidanan, dan program studi profesi kebidanan. Ke depannya, dengan berbekal BAGU “Best Academic Great University” kami akan berusaha lebih baik lagi dengan membuka program studi profesi Apoteker sebagai bagian dari solusi lulusan kami maupun lulusan dari PT yang lain di NTB.

Ia pun berpesan semoga lulusan UNIQHBA tetap menjaga nama baik almamater, diri sendiri, dan keluarga, serta menjunjung tinggi Pancasila. Lulusan UNIQHBA yang berkarakter ASWAJA, A = Ahli, yaitu mampu menunjukkan dan mengaplikasikan ilmu atau keahliannya  (memiliki prestasi kerja); S =  Soleh yaitu taat menjalankan ibadah, berakhlak mulia; Wa = Wasatiyah = tolerans, selalu memberi manfaat bagi lingkungannya, tidak merusak, amar makruf; J = Jujur yaitu anti plagiarisme, berbicara sesuai fakta, bekerja nyata; dan A = Amanah : disiplin, Patuh pada Peraturan, mencintai/menjaga citra profesi, menjaga citra almamater. (r)