Vaksinasi Covid-19 di Loteng Belum Capai Target

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Pemberian suntikan vaksin Covid-19 Sinovac tahap kedua di Lombok Tengah (Loteng) masih jauh dari target vaksinasi terhadap 2.849 tenaga kesehatan (nakes).

Vaksinasi tahap kedua ini sejatinya dijadwalkan rampung akhir Februari 2021. Penyebab pemberian vaksin belum capai target karena dosis vaksin belum datang seluruhnya dari pusat. Total ada 5.880 dosis vaksin yang harus diterima Lombok Tengah untuk seluruh nakes.

“Kemarin sudah datang vaksin sekitar 500 an dosis untuk nakes rumah sakit dan Dikes (untuk tahap kedua),”kata PLT Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng, dr. Muzakir Langkir, Rabu (3/3/2021) di Praya.

Adapun untuk pemberian suntikan vaksin tahap pertama capaiannya sekitar 90 persen.

“Iya (target selesai Februari). Tapi kemarin kita dikirimi vaksin tidak full. Provinsi bilang sudah datang dari pusat tapi belum,”katanya.

Menurutnya, nakes sudah siap untuk divaksin tahap kedua ini. Tinggal sekarang adalah ketersediaan dosis vaksin dari pusat.

Dia berharap pemberian vaksin untuk nakes ini bisa selesai lebih cepat. Dengan begitu, sasaran vaksin bisa dilanjutkan terhadap PNS, guru, TNI dan juga Polri.

Untuk tahap ini, pihaknya sudah melayangkan surat kepada masing-masing instansi untuk mendaftarkan anggotanya yang akan divaksin melalui aplikasi online.

“Jadi dosis vaksinnya nanti tergantung berapa yang mendaftar nanti,”imbuhnya.

Sementara untuk masyarakat umum, rencananya akan divaksin pada bulan April mendatang. Adapun terkait dengan polanya masih belum dipastikan.

“Karena kalau polanya sama seperti instansi pasti akan sulit. Tidak semua masyarakat bisa dan lagi banyak yang tidak mau divaksin,”katanya.