Wakili NTB, Buwun Sejati Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik Nasional

1525
Salah satu objek wisata di desa Buwun Sejati, kecamatan Narmada, Lombok Barat. (Inside Lombok/Istimewa).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Setelah bersaing dalam 100 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, kini Desa Wisata Buwun Sejati, berhasil lolos menuju 50 besar desa wisata terbaik nasional mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Alhamdulillah pengumuman hari ini Desa Buwun Sejati masuk kurasi 50 besar desa wisata. Saya ucapkan selamat kepada Desa Buwun Sejati berhasil mewakili NTB,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H. M. Fajar Taufik, Rabu (27/04/2022).

Di mana hanya tersisa dua desa wisata yang lolos dalam 50 besar mewakili NTB di ajang bergengsi desa wisata tingkat nasional ini. Selain desa wisata Buwun Sejati dari Lombok Barat, ada juga desa wisata Taman Loang Baloq dari Kota Mataram.

Atas raihan prestasi ini, Taufik berharap seluruh desa wisata yang ada di Lombok Barat dapat lebih termotivasi untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitasnya.

“Saya berharap capaian ini dapat menjadi motivasi juga bagi desa lainnya untuk terus mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit,” harapnya.

Sebelumnya, dalam ADWI tahun 2021 lalu, Desa Sesaot juga telah berhasil mewakili Lombok Barat dan NTB. Sesaor meraih peringkat keempat dalam kategori CHSE.

Sebelumnya ADWI tahun 2022 ini telah diikuti oleh 3.419 desa wisata yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Selama pelaksanaan penilaian, Desa Buwun Sejati yang berada di Kecamatan Narmada ini terus melangkah ke tahapan selanjutnya. Mulai dari kurasi 500 besar, 300 besar, 100 besar, hingga saat ini bertengger di kurasi 50 besar.

Untuk tahapan selanjutnya, Taufik menyebut, akan adanya kunjungan atau visitasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno bersama tim. Untuk melakukan penilaian indikator yang wajib dipenuhi oleh desa Buwu  Sejati, sebagai desa wisata berkembang.

“Kita akan kembali melakukan pendampingan untuk penyiapan kunjungan. Dan berkolaborasi dengan desa sehingga tujuh kategori yang dilombakan siap untuk dinilai secara langsung oleh Mas Menteri,” bebernya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa Buwun Sejati, Muhidin mengaku bangga dan bersyukur atas capaian yang diraih oleh desanya tersebut.

“Terima kasih atas support dan dukungan Pak Kadis. Alhamdulillah Buwun Sejati masuk 50 besar, mudah-mudahan ini menjadi awal kemajuan dan kesuksesan kita bersama aamiin,” pungkas Muhidin.