26.5 C
Mataram
Selasa, 28 Mei 2024
BerandaEkonomiHarga Tomat Turun hingga Rp9 Ribu per Kilogram Jelang Ramadan

Harga Tomat Turun hingga Rp9 Ribu per Kilogram Jelang Ramadan

Lombok Timur (Inside Lombok) – Menjelang Ramadan yang tinggal menghitung hari, harga beberapa komoditi bahan dapur di pasaran sudah menunjukkan penurunan. Salah satunya seperti tomat yang saat ini seharga Rp9 ribu per kilogram (kg).

Beberapa komoditi bahan pokok penting (bapokting) beberapa bulan ini memang selalu memperlihatkan fluktuasi harga. Ada yang mengalami kenaikan dan bahkan ada juga yang mengalami penurunan terlebih menjelang datangnya bulan suci Ramadan.

Wakil Kepala Pasar Umum Masbagik, Sofiyanto mengatakan beberapa komoditi sulit ditebak neraca harganya karena selalu berfluktuasi setiap minggunya. Namun pada minggu ketiga saat ini komoditi tomat telah memperlihatkan penurunan harga.

“Terlihat penurunan harga yang lumayan saat ini pada komoditi tomat, di mana harga sebelumnya mencapai Rp12 ribu per kg turun menjadi Rp9 ribu per kg,” ucapnya pada Inside Lombok, Senin (20/03).

- Advertisement -

Penurunan harga dari komoditi tomat sendiri diduga lantaran stok banyak yang melimpah dari petani dikarenakan saat ini sudah mulai musim panas. Kendati demikian meski mengalami penurunan harga pada awal minggu ini, tidak bisa diprediksi apakah minggu depan ada kenaikan atau penurunan.

“Jika minggu besok ada penurunan harga, maka bisa diprediksikan setiap minggu ada penurunan lagi, dan jika minggu besok ada kenaikan lagi maka beberapa waktu ini neraca akan tetap turun naik di kisaran harga minggu ini,” terangnya.

Harga tomat terendah yang pernah terjadi di Lombok Timur yakni seharga Rp2 ribu per kg, sehingga harga normal jika dilihat dari daya beli masyarakat yakni pada harga Rp5 ribu per kg.

“Harga tomat saat ini senilai Rp9 ribu masih pada angka yang lumayan tinggi,” tuturnya. Sofiyanto berharap pada awal memasuki bulan Ramadan harga komoditi dapat berada pada harga normal, sehingga daya beli masyarakat juga dapat terbantu pada saat menjalankan ibadah puasa. (den)

- Advertisement -

Berita Populer