30.5 C
Mataram
Jumat, 26 April 2024
BerandaEkonomiPermintaan Naik 85 Persen Selama Ramadan, Pedagang Kurma Kebanjiran Untung

Permintaan Naik 85 Persen Selama Ramadan, Pedagang Kurma Kebanjiran Untung

Mataram (Inside Lombok) – Sejumlah pedagang kurma di kawasan Cakranegara, Kota Mataram kebanjiran untung selama bulan suci Ramadan. Pasalnya, permintaan dari masyarakat akan buah kurma meningkat drastis, karena buah kurma dijadikan makanan utama selama berbuka puasa.

Salah satu pedagang kurma, Muhammad Furqon mengaku selama bulan puasa permintaan buah kurma meningkat dari hari-hari biasa. “Awal masuk Ramadan penjualan meningkat sampai 85 persen, dibandingkan hari bisa. Karena banyak masyarakat yang cari buah kurma,” ujarnya, Kamis (30/3).

Adapun jenis kurma yang dijual seperti kurma ajwa, kurma mazafati, kurma halawi, kurma amer hajj, kurma sekki, kurma sukari, dan kurma tunisia. Harganya pun menyesuaikan dengan jenis kurma, semisal kurma jenis ajwa dibanderol dengan harga cukup mahal, karena merupakan kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW.

“Harganya mulai Rp200 ribu sampai Rp1,5 juta per dusnya. Kalau yang kiloan ada kita ecer mulai harga Rp30 ribu hingga Rp200 ribu per kg,” tuturnya. Kendati, yang banyak dicari masyarakat yakni kurma dalam bentuk boks atau dus.

- Advertisement -

Satu boks kurma biasanya dibeli untuk persediaan selama sebulan penuh. Selain itu ada juga yang untuk dijual kembali dengan bentuk eceran. “Kalau puasa begini yang banyak dicari itu kurma dusan atau boks. Ada juga warga belum dalam jumlah banyak, biasa untuk dijual lagi,” terangnya.

Selain kurma, warga juga memburu pernak-pernik muslim lainnya, seperti peci hingga busana muslim yang biasanya akan mengalami peningkatan permintaan di hari ke-15 puasa hingga sebelum lebaran. “Biasanya pada bulan Ramadan di hari ke-15 sampai sebelum lebaran itu yang banyak dicari itu busana muslim dan topi atau peci nanti di gunakan saat lebaran,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, untuk manfaat dan khasiat buah kurma bagi kesehatan adalah untuk mencukupi kebutuhan gizi dan kalori, melancarkan sistem pencernaan, mencegah penyakit kronis, menstabilkan gula darah dan pengganti gula yang lebih sehat, jadi menu tambahan dalam diet, mengganti elektrolit tubuh yang hilang, melindungi tubuh dari peradangan dan meningkatkan kesuburan. (dpi)

- Advertisement -

Berita Populer