26.5 C
Mataram
Jumat, 17 Mei 2024
BerandaEkonomiSosialisasi BDDN NTB 2023, Hadir untuk Sejahterakan Umat

Sosialisasi BDDN NTB 2023, Hadir untuk Sejahterakan Umat

Mataram (Inside Lombok) – BADAN Dharma Dana Nasional (BDDN) kian gencar mensosialisasikan keberadaannya dan berbagai program keumatan. Salah satunya menggugah umat Hindu untuk berperan dalam BDDN yang didasarkan pada punya (donasi, Red) dan keikhlasan demi kemajuan umat Hindu. Termasuk pentingnya meningkatkan UMKM dan ekonomi Hindu.

“Kehadiran BDDN ini untuk mensejahterakan umat, melalui sosialisasi ini kami ingin menerima lebih banyak masukan dan saran dari umat Hindu,” ucap Ketua BDDN Pusat, Tri Handoko Seto usai Sosialisasi BDDN NTB 2023 di Hotel Lombok Raya, Sabtu (23/7).

Ia mengatakan, Dharma Dana merupakan kewajiban umat Hindu sebesar 5 persen dari penghasilan sesuai dengan Bhisama Sabha Pandita Parisada tentang Dana Punya. Besarnya Dharma Dana yang disetorkan kepada BDDN adalah sebesar 2,5 persen dari penghasilan.

Ketua BDDN Pusat, Tri Handoko Seto (dua kanan) bersama Ketua Umum PHDI Pusat, Wisnu Bawa Tenaya (kanan) secara simbolis menyerahkan punya kepada umat. (Inside Lombok/Ist)

“Kini melalui aplikasi android Dharma Dana, umat se-dharma dapat melaksanakan kewajiban ber-dharma dana dengan mudah dan transfernya instan. Bahkan, dapat juga melalui Qris,” tambahnya.

- Advertisement -

Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, Wisnu Bawa Tenaya mengatakan untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) umat Hindu ke depan perlu disiapkan untuk dapat bersaing di era global ini. Karena itu, ia berharap pengurus dan tim kerja senantiasa mengikuti perkembangan zaman.

Pemanfaatan kecanggihan teknologi dirasa berguna untuk memperkenalkan BDDN secara berkelanjutan. “Hal yang harus dipastikan adalah penyaluran bantuan nantinya harus tepat sasaran,” katanya.

Ketua PHDI NTB, Ida Made Santi Adnya saat memberi sambutan di Sosialiasi BDDN NTB 2023. (Inside Lombok/Ist)

Ketua PHDI NTB, Ida Made Santi Adnya mengatakan telah bertambah satu lagi lembaga di NTB yaitu BDDN NTB yang dinahkodai Wayan Pasek. Ibarat keluarga maka BDDN NTB adalah saudara.

Ketua BDDN NTB, Wayan Pasek saat memberi sambutan di Sosialiasi BDDN NTB 2023. (Inside Lombok/Ist)

“Ketika dia sakit, saya obati, ketika dia diganggu yang lain maka saya lindungi. Itulah kualitas persaudaraan. Termasuk PHDI menjaga hubungan dengan organisasi lain sebelumnya di NTB,” tukasnya.

Ketua BDDN NTB, Wayan Pasek mengatakan ia telah membentuk tim kerja yang melibatkan sejumlah unsur organisasi umat Hindu di NTB. Langkah cepat BDDN dengan membentuk tim kerja ini nantinya fokus pada enam pilar program BDDN. Yaitu, pandita dan pinandita, sumber daya manusia, ekonomi umat, sosial kemanusiaan, organisasi keagamaan hindu dan investasi.

“Kami hanya meningkatkan kesadaran seluruh umat untuk menadapunia. Tak perlu besar. 1000 pun cukup kok,” Ujarnya. Ia pun berharap dibentuknya tim kerja ini, penyaluran punia, bantuan bahkan hingga program penggalian dana dapat segera terealisasi. (r)

- Advertisement -

Berita Populer