25.5 C
Mataram
Jumat, 29 Maret 2024
BerandaEkonomiWapres RI Bersama Gubernur NTB Resmikan Fasilitas Riset dan Inovasi Produk Halal...

Wapres RI Bersama Gubernur NTB Resmikan Fasilitas Riset dan Inovasi Produk Halal di Lombok Utara

Lombok Utara (Inside Lombok) – Wakil Presiden RI, Prof. DR. KH. Ma’ruf Amin bersama Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah meresmikan Fasilitas Riset dan Inovasi Produk Halal Berbasis Maritim Nasional di Kawasan Sains Kurnaen Sumadiharga Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Dusun Teluk Kodek, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Kamis (16/03).

Wakil Presiden RI Prof. KH. Ma’ruf Amin mengatakan, permintaan produk halal mengalami perkembangan yang sangat pesat. Label halal dapat memperkuat citra produk dan perusahaan.

Permintaan mengkonsumsi produk halal sebagai pola hidup masyarakat di tingkat Nasional dan global. Potensi besar yang dimiliki oleh industri halal menjadikannya sebagai salah satu mesin utama dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional dan masyarakat di pesisir.

“Peluang yang berharga ini harus kita optimalkan melalui Sinergi dan kolaborasi semua pihak pemangku kepentingan. Alhamdulillah kita memiliki sarana dan prasarana untuk menunjang tercapainya tujuan tersebut. Seperti pusat riset di bidang sains halal dan pusat study ekonomi syariah di NTB ini,” harap Wapres RI.

- Advertisement -

Sehubungan dengan itu, Wakil Presiden RI berharap memajukan industri halal nasional berbasis kekayaan sumber daya maritim atau hasil laut menjadi langkah strategis pembangunan ekonomi nasional.

“Untuk itu, perlu dilakukan hilirisasi industri pada sektor kelautan dan perikanan, dan memasifkan tren ekonomi baru. Saya harapkan akan menopang tercapainya tujuan tersebut, sebagai sebuah upaya strategis mengoptimalisasi potensi sumber daya maritim dan kelautan Indonesia demi mewujudkan Indonesia Emas sekaligus Pusat Halal Dunia,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah berharap fasilitas Riset dan Inovasi Produk Halal berbasis maritim nasional ini yang dikembangkan oleh BRIN dapat berkolaborasi dengan Pemda Lombok Utara maupun pemerintah Provinsi NTB.

“Sehingga fasilitas yang luar biasa canggih ini, bisa kita sinergikan bersama untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 untuk menjadi negara maju berbasis maritim,” harap Bang Zul sapaan akrabnya Gubernur NTB itu.

Untuk diketahui, Fasilitas Riset dan Inovasi Produk Halal berbasis maritim nasional yang dikembangkan oleh BRIN merupakan pusat kegiatan Pusat Riset Bioindustri Laut dan Darat. Kawasan tersebut dapat mendukung berbagai riset yang menghasilkan bahan baku produk halal. Salah satunya dari biota laut secara baik dan berkelanjutan. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer