Hasil Sangkep Warige, Bau Nyale Tahun Ini Dilaksanakan Tanggal 3-4 Maret

Bau Nyale tahun-tahun sebelumnya. (Inside Lombok/Istimewa)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Kegiatan bau nyale akan tetap digelar di tahun 2021 ini meski tidak akan semeriah tahun-tahun sebelumnya, karena pandemi Covid-19.

Sangkep Warige atau musyarawah penentuan pelaksanaan Bau Nyale sudah digelar oleh organisasi kepemudaan Blok Pujut pada Sabtu  (16/2021) di dusun adat
Ende Kecamatan Pujut. Hasil Sangkep Warige tersebut menetapkan pelaksanaan Bau Nyale tahun ini jatuh pada tanggal 3-4 Maret.

“Berdasarkan hasil Sangkep Warige diputuskan kalau Nyale tahun ini akan tumpah pada tanggal 3-4 Maret,”kata Pembina Blok Pujut, Rata Wijaya saat menyampaikan kesimpulan hasil Sangkep Warige tersebut.

Kemudian, lanjutnya, kalau ada masyarakat yang ingin turun Bau Nyale di bulan-bulan yang lain itu diserahkan ke persepsi masing-masing.

Sementara itu, Ketua Panitia Sangkep Warige dari Blok Pujut, Lalu Hadinata mengatakan, karena Bau Nyale tahun ini tidak ada hiburan, maka Sangkep Warige Blok Pujut merekomendasikan masyarakat untuk melakukan Bau Nyale pada tanggal 2-3 Februari.

“Silahkan masyarakat cari nyale (bau nyale) pada 2-3 Februari dan InsyaAllah Nyale akan Tumpah pada 3-4 Maret (jelo tumpahnya),”ujarnya.

Adapun kegiatan Sangkep Warige tersebut dihadiri dihadiri oleh tokoh adat dan tokoh masyarakat di kecamatan Pujut, baik itu budayawan, akademisi, tokoh agama serta tokoh pemuda se-kecamatan Pujut.