26.5 C
Mataram
Senin, 15 Juli 2024
BerandaLombok BaratBeberapa Wilayah di Lobar Sudah Mulai Krisis Air Bersih

Beberapa Wilayah di Lobar Sudah Mulai Krisis Air Bersih

Lombok Barat (Inside Lombok) – Beberapa kawasan yang menjadi langganan kekeringan di Lombok Barat (Lobar) sudah mulai krisis air bersih. Hal itu lantaran wilayah Lobar sudah mulai masuk musim kemarau, ditambah dengan tidak adanya hujan dalam beberapa waktu terakhir.

Berbagai pihak mulai dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Lobar, bersama dengan Babinsa Kuripan Selatan, hingga Koramil 1606-04/Gerung, bersama-sama mendistribusikan air bersih ke warga di Dusun Tunggulawang Barat, Desa Kuripan Selatan. Mereka pun menerjunkan mobil tangki untuk pendistribusian tersebut, terutama ke wilayah yang aksesnya cukup jauh dan sulit.

“Kami menyadari betapa pentingnya air bersih bagi kehidupan sehari-hari, terutama di tengah kondisi kekeringan seperti sekarang. Oleh karena itu, kami bekerjasama dengan Damkar Lobar untuk mendistribusikan air bersih ke daerah-daerah yang paling terdampak,” ujar Babinsa Kuripan, Sertu Iwan Febriawan akhir pekan kemarin.

Sebelum pendistribusian dilakukan, pihaknya telah lebih dulu memetakan wilayah yang paling terdampak di kawasan tersebut. Hingga melihat seberapa besar masyarakat setempat yang kekurangan air. “Kami berupaya memastikan agar proses distribusi ini dilakukan dengan tertib dan merata. Sehingga seluruh warga yang membutuhkan dapat terlayani dengan baik,” imbuhnya.

- Advertisement -

Pihaknya bersama Damkar juga berkomitmen untuk berupaya mendistribusikan air bersih dengan rutin. Agar dapat membantu meringankan beban warga yang terdampak, hingga nantinya musim kemarau berakhir. “Kami berharap dengan adanya distribusi air bersih ini dapat meringankan beban warga dalam memenuhi kebutuhan air sehari-hari,” harapnya.

Kadus Tunggulawang Barat, Ruslan pun mewakili warganya mengungkapkan rasa terima kasihnya. Lantaran, saat ini mereka sudah mulai kebingungan untuk mencari sumber mata air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Kami sangat berterima kasih kepada Babinsa dan Petugas Damkar yang sudah membantu kami mendapatkan air bersih. Semoga kegiatan ini terus berlanjut sampai kekeringan berakhir,” pungkas Ruslan. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer