26.5 C
Mataram
Minggu, 26 Mei 2024
BerandaLombok TengahAmankan Libur Lebaran Topat, Ratusan Personel Polres Loteng Diterjunkan

Amankan Libur Lebaran Topat, Ratusan Personel Polres Loteng Diterjunkan

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Ratusan personel Kepolisian Polres Loteng dikerahkan untuk pengamanan di sejumlah lokasi objek wisata yang ada di Lombok Tengah (Loteng) pada perayaan libur Lebaran Topat, Rabu (17/4) ini.

“Kita terjunkan 350 personel nantinya akan dibackup dengan stakeholder terkait, dari TNI, Dishub, Satpol-PP, dan BKD/BKK untuk melakukan pengamanan di spot-spot yang rawan membludaknya masyarakat yang berkunjung ke daerah-daerah wisata,” ujar Kapolres Loteng AKBP Iwan Hidayat, Selasa (16/4) di ruang kerjanya.

Dijelaskan Iwan, pihaknnya bersama personil gabung juga mengamankan spot-spot wisata yang ada di Loteng untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan bahkan aksi kriminalitas yang cenderung terjadi ditempat keramaian.

“Ada 58 daerah spot wisata yang akan kita amankan tapi tidak semuanya 58 itu dijaga, ada 30 yang akan dijaga oleh anggota polres Loteng bersama stakeholder terkait selebihnya kita lakukan lewat patroli,” imbaunya.

- Advertisement -

Selain itu kata Iwan, patroli di laut yang menyiagakan kapal Sat Polair untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan maupun antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. “Kami sediakan unit kapal patroli cepat sat polair di wilayah pantai awang nantinya siap digerakkan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan,” terangnya.

Selain itu pihaknya juga melibatkan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruangan (PUPR), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Basarnas terjadinya bencana alam seperti pohon tumbang maupun longsor beserta dengan alat berat dan operatornya.

“Saya harap peran serta kita semua untuk sama-sama menjaga kamtibmas, agar masyarakat kita di Loteng dapat menikmati libur Lebaran Topat dengan aman dan lancar,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknnya juga mengantisipasi terjadinya parkir liar di wilayah objek wisata pantai selatan seperti di Pantai Kuta Mandalika dan Pantai Selong Belanak. “Kan sudah ada kantong-kantong parkir yang sudah disediakan beserta petugasnya. nanti kita perintahkan anggota untuk lakukan koordinasi jika ada parkir liar,” tandasnya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer