28.5 C
Mataram
Selasa, 27 Februari 2024
BerandaLombok TengahMasuk Musim Hujan, Material Longsor Rawan Tutupi Akses Jalan di Loteng

Masuk Musim Hujan, Material Longsor Rawan Tutupi Akses Jalan di Loteng

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Hujan deras mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) mengakibatkan terjadinya longsor. Material longsoran pun rawan menumpuk dan menutup akses jalan masyarakat.

Salah satunya seperti yang terjadi jalan yang menghubungkan Desa Selong Belanak dengan Desa Montong Ajan tertutup. Kapolsek Praya Barat, AKP Lalu Punia Asmara mengatakan akibat longsor di area tersebut ruas jalan itu ditutupi material longsoran.

Saat ini irisan tanah longsor tersebut telah dibersihkan. “Proses pembersihan material tanah longsor tersebut berlangsung dengan dibantu oleh masyarakat setempat menggunakan alat seadanya, sehingga akses jalan bisa dilalui kembali,” katanya, Rabu (6/12).

Dijelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan Pemdes Setempat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mengatasi musibah tersebut. “Kita sudah koordinasikan dengan Pemerintah Desa dan BPBD untuk membantu dalam pelaksanaan pembersihan material yang menutup badan jalan,” ujarnya.

- Advertisement -

Sementara itu, Asmara mengaku tidak semua bekas longsor tersebut dapat dibersihkan. Sehingga pihaknya memerlukan adanya alat berat untuk membersihkan batu besarnya. “Untuk material batu yang berukuran besar sudah kita koordinasikan dengan BPBD dan Dinas PUPR untuk mengirimkan alat berat,” bebernya.

Lebih jauh, Asmara menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati saat melakukan perjalanan di wilayah rawan longsor. “Diharapkan kepada warga untuk memperhatikan perjalanannya, karena ini khususnya di Desa Selong Belanak curah hujan cukup tinggi, sehingga harus waspada dengan tanah longsor maupun banjir,” paparnya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer